Kuatkan Ekonomi, Varietas Baru Jambu Air Jadi Program Desa Sumberarum

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Sebagai bentuk upaya penguatan program rintisan di bidang pembangunan ekonomi pertanian, Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro memperbanyak penanaman bibit jambu air varietas citra merah yang dikenal dengan jambu Citra Arum.

Kepala Desa Sumberarum Kecamatan Ngraho Suryanto mengatakan, program ini ditujukan untuk merintis upaya desa memunculkan program produk unggulan desa.

“Kali ini sebanyak 40 bibit jambu air varietas citra merah yang kami tanam. Ini merupakan penambahan kawasan kebun dari
7 (tujuh) kebun yang di rintis mulai tahun 2018,” ucapnya.

Untuk penguatan program ini, Pemerintah Desa selain meneruskan Program Kepala Desa sebelumnya, juga akan melakukan penguatan program melalui dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 ini.

Karena program ini selain untuk memunculkan program unggulan desa juga sekaligus memberikan penambahan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Selain melalui APBDes, penguatan program juga ditempuh melalui upaya- upaya optimalisasi fungsi Kelompok Kerja Agro Citra Arum yang sudah diinisiasikan mulai tahun 2017,” ungkap Suryanto.

Secara umum, konsep rintisan ini berawal dari replikasi daerah-daerah lain yang terbukti sukses membangun kawasan sentra tanaman buah.

Maka dari itu Desa Sumberarum termotivasi dari keberhasilan kabupaten lain yang produksinya membanjiri pasaran buah di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, dengan dorongan dan arahan SKPD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, waktu itu adalah Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (sekarang Cabang Dinas Kehutanan Propinsi) disarankan untuk memilih jenis tanaman jambu air varietas Citra Merah.

“Selain pendampingan cara tanam dan pola perawatan, supporting dinas pada waktu itu berupa bantuan bibit dari BP DAS Solo adalah 5000 bibit untuk se-kecamatan Ngraho di mana Desa Sumberarum menerima alokasi paling banyak, yakni 2000 batang,” pungkas Kades Suryanto. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.