Tanaman Hidroponik Milik SMP Negeri 2 Raih Omzed Rp500 Ribu Perhari

oleh -

Reporter : Ciprut Laela

SuaraBojonegoro.com – Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kabupaten Bojonegoro mengedukasi para guru dan muridnya agar memanfaatkan lahan kosong di sekitar sekolah.

Selain untuk menjaga ketahanan pangan saat Pandemi, halnitu juga untuk menyukseskan sekolah sehat yang diinisiasi oleh Kepala sekolah Muslim M, Pd. Para siswa juga berperan aktif dalam penanaman sayuran-sayuran di lahan kosong milik sekolah SMP Negri 2 ini.

Kepala sekolah SMP Negri 2 Muslim M, PD. Mengungkapkan, Kreativitas para guru dan siswa di tengah Pandemi harus ditingkatkan guna menstabilkan perekonomian warga yang terpuruk akibat Covid 19.

Untuk itu, lanjut Muslim pihaknya mengajak para kepala sekolah SD maupun SMP untuk memanfaatkan pekarangan kosong untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat di manfaatkan di masa Pandemi.

Adapun ia menyebutkan sejumlah tanama tersebut antara lain, sawi daging, kangkung, slada dan juga bayam, daun mind, kembang kul, dan lain sebagainya. Muslim mengatakan program tersebut dapat dijadikan langkah untuk mempertahankan pangan warga di tengah Pandemi atau di luar Pandemi nantinya.

“Jika semua warga mengikuti maka kebutuhan rumah tangga akan dapat tercukupi, dalam tanaman hidroponik ini kami pihak sekolah meraih omset mencapai 500 ribu perhari, dan hasilnya sementara kami gunakan untuk merawat tanaman dan biaya operasional, kami juga berencana untuk membuat lebih banyak lagi dari ini (vertikal),”  jelas Muslim saat di temui di ruangannya.

Tak hanya itu, Muslim berharap program ini dapat menjadi solusi bagi warga untuk memenuhi pangan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan mengisi waktu luang guru yang piket dalam menjalankan pembelajaran daring. (Prut/Red)