Monumen Tragedi Jatuhnya Helicopter, 20 Tahun Silam Di Deru – Sumberrejo Diresmikan

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H.,M.Han. membuka acara peresmian Monumen Memorial Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 di Desa Deru Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro Selasa, 30 Maret 2021.

Laksamana Muda TNI Edwin selaku Komandan Pusat Penerbangan TNI AL dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada H. Sutiyo selaku pemilik lahan sawah yang sebagian lahannya untuk dibangun sebuah Monumen.

20 tahun silam sudah, gugur empat prajurit Rajawali laut terbaik di tempat berdirinya Monumen tepatnya pada  hari Senin 21 Agustus 2000 pukul 14.27 WIB, helicopter BO-105 Bolkow NV-406 Puspenerbal yang usai melaksanakan tugas Negara dalam mendukung kegiatan Pengamanan Sidang Tahunan MPR Tahun 2000 di Jakarta. Dalam penerbangan tersebut (ferry flight) dari Semarang kembali ke pangkalan di Surabaya mengalami crash landing. Adapun Prajurit Rajawali Laut penerbang dan crew yang gugur atas nama Almarhum :

1. Lettu Laut Anumerta Daniel Ferry S. Captain Pilot.
2. Lettu Laut Anumerta Asep Bambang N. Copilot.
3. Sertu Anumerta Priyanto, flight engineer.
4. Sertu Anumerta Dwi Puryanto, mekanik-1, Dan
5. Sdri Ika K, Adik dari Copilot.

Beliau menjelaskan, Peresmian Monumen Memorial Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 dapat mengingatkan kita dan masyarakat umum tentang jasa dan Darmabakti para Prajurit Rajawali Laut  Penerbangan TNI AL BO-105 NV-406 yang telah berjasa dan turut serta menjaga mempertahankan keutuhan NKRI. Juga mengingatkan kepada generasi muda tentang perjuangan dan pengorbanan para Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas Negara. Crash landing helicopter tersebut dapat diambil hikmah dan pelajaran yang di dapat untuk senantiasa mengedapankan Safety Culture dalam melaksanakan tugas misi yang diemban.

Penghargaan diserahkan langsung kepada Bpk H. Sutiyo selaku pemilik lahan sawah, serta penyerahan dan tukar cindera mata kepada Kades Deru Mulyono, dan kepada Bupati Bojonegoro dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Dan Umum Pemkab Bojonegoro Yayan Rahman. (Lis/Rum)

No More Posts Available.

No more pages to load.