TMMD 110 Kodim Bojonegoro Tanamkan Karakter Gotong Royong Dimasyarakat

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 110 yang diselenggarakan di Dua Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selain memberikan Pembangunan Fisik diantaranya pembangunan jalan aspal, Normalisasi Sungai, Rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) juga Rehab Ruang Kelas, juga kegiatan Non Fisik.

Tampak dari pantauan awak media, para personil Satgas (Satuan Penugasan) TMMD ke 110 saat ini sedang proses menjalankan kegiatan pembangunan RTLH milik warga yang tidak mampu sebanyak 20 rumah di Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo.

Untuk cepat menyelesaikan pekerjaan sesuai yang ditargetkan dari program TMMD ke 110 ini, para anggota TNI yang terdiri dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL bersama sama masyarakat melakukan kegiatan pembangunan RTLH dari Program Aladin (Atap, Lantai dan Dinding), sehingga tumbuh karakter Gotong Royong di masyarakat.

Secara bersama sama para personil TMMD ke 110 ini terlihat mengangkat dengan cara dipikul bersama sama rumah kayu milik Mariono (70) salah satu warga yang mendapatkan sasaran Program TMMD.

Budaya yang lama hilang ini seolah tumbuh lagi di Desa Ngrancang dan Jatimulyo, pemandangan memikul rumah ini mulai tidak terlihat, namun dengan adanya TMMD ke 110 ini gotong royong memikul rumah terlihat kembali untuk memindahkan rangka rumah.

Dikatakan oleh Lettu CKM Suroto, Selaku Komandan SSK TMMD ke 110 bahwa, dengan cara gotong royong adalah kunci utama menyelesaikan pekerjaan di Desa program TMMD ke 110 yang dilaksanakan di Dua Desa di Kecamatan Tambakrejo.

“Dengan gotong royong mengangkat rumah RTLH akan membuat sesuatu menjadi ringan,dan mudah, sehingga semua usaha bisa diselesaikan dengan cepat pula, ” terang Lettu CKM Suroto, Rabu (10/3/2021).

Disampaikan juga bahwa Program TMMD ini adalah program terpadu dan lintas sektoral yang dilakukan dalam rangka membantu pemerintah dalam akselerasi pembangunan masyarakat baik fisik maupun non fisik.

Selain itu, tujuan utama pelaksanaan TMMD adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga bisa menumbuhkan kembangkan nilai kebersamaan dan menciptakan karakter Gotong Royong di masyarakat. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.