Selain Berjasa Bagi Masyarakat, Mobil AWC Milik Brimob Bojonegoro Juga Mampu Lakukan Ini!

oleh -
oleh

Reporter : Ciprut Laela

SuaraBojonegoro.com – Mobil AWC yang berada di dalam Markas Brimob Bojonegoro ini sangat berjasa dan banyak sekali kegunaanya. Rabu (17/02/2020)

Masyarakat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tentunya sudah tidak asing dengan kendaraan milik Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kompi 3 Batalyon C Pelopor yang satu ini. Karna sering sekali terlihat untuk penyemprotan disinfektan di masa Pademik saat ini.

Namun sebenarnya kendaraan tersebut memiliki banyak kemampuan yaitu, Mulai dari menahan terjangan peluru, hingga membubarkan kerumunan massa di saat demo.

Armoured Water Canon (AWC) atau Kendaraan Meriam Air Lapis Baja adalah Gelar  sebutan yang disandangnya secara resmi. Demikian disampaikan oleh Komandan Kompi (Danki) 3 Brimob, Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Gusti Putu Sumantri saat ditemui wartawan SuaraBojonegoro di Markas Bojonegoro.

“AWC ini masuk kedinasan di Kompi 3 Bojonegoro secara resmi sejak mei 2017, kendaraan AWC tersebut diperlukan untuk mengurai ataupun membubarkan massa,” ungkap AKP Putu Sumantri,

Dibekali dengan dua meriam utama terletak di sisi atas kendaraan, sanggup menyemburkan air bertekanan tinggi berdaya jangkau mencapai 70 meter, dengan pengoperasian serba digital awak kabin di dalamnya, dari kapasitas tangki air yang berisi 6.500 liter.

Kendaraan berkapasitas mesin 3.907 dengan bobot mencapai 16 ton ini, kata AKP Putu diawaki lima personel. Terdiri satu pengemudi, satu Komandan Tim, dan tiga operator. Selain memiliki lapisan baja, kendaraan produksi Daejicar Korea Selatan ini juga memiliki roda khusus tipe Run Flat Tire (RFT) yang tetap sanggup melaju meski dalam keadaan bocor. Sementara laju normalnya mencapai 80 kilometer/jam.

“Selain membantu tugas kemanusiaan di Bojonegoro sendiri, kendaraan meriam air lapis baja kita ini pernah juga diperbantukan untuk penugasan ke Madiun, Surabaya dan Madura,” jelas Danki AKP Putu Sumantri. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.