Sekdes Kepohkidul : Jalan Poros Desa, Prioritas Kabupaten

oleh -
oleh

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Kondisi jalan poros Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, rusak parah. Jalan penghubung antara desa kepohkidul dan desa babat ini kondisinya sangat memprihatinkan, sehingga menganggu aktifitas masyarakat dalam menjalankan perputaran perekonomian desa.

Kondisi jalan tersebut diperparah dengan curah hujan saat ini, sehingga mengakibatkan jalan paving sepanjang 2 kilo meter tersebut menyerupai genangan dan berlumpur.

“Kalau hujan seperti saat ini ya banyak pengendara yang jatuh,” kata Kusnadi, salah satu warga setempat.

Tidak sedikit pengguna jalan poros desa ini yang mengalami luka baik ringan maupun luka berat.

Masyarakat setempat mengeluhkan dengan kondisi jalan seperti ini. Masyarakat berharap kepada instansi terkait untuk segera memperbaiki jalan penghubung dua desa ini. Pasalnya selain mengakibatkan korban kondisi jalan seperti ini juga menyulitkan bagi para petani terlebih disaat musim panen.

“Kalau musim panen petani biasanya menggunakan roda dua, jadi ya sangat membahayakan,” ujarnya.

Dikutip dari chanel Youtube, Update TV Official, Sekertaris Desa (Sekdes) Kepohkidul, Muhammad Zainul, menuturkan jika jalan poros desa tersebut seharusnya masuk dalam prioritas kabupaten.

Dirinya menjelaskan jika pihaknya telah mengajukan perbaikan jalan poros desa lewat Musrenbangcam, termasuk lewat E-Mursenbang.

“Sampai saat ini desa kepohkidul belum pernah mendapatkan bantuan keuangan desa,” jelasnya.

Dirinya menegaskan jika dana desa kepohkidul hanya mencapai 783.500.000 dengan prioritas penggunaannya adalah untuk penaganan covid 19 dan wisata atau penigkatan PAD desa. Dengan dana desa tersebut desa kepohkidul telah membangun jalan-jalan desa termasuk diantaranya adalah jembatan desa.

Sehingga untuk memperbaiki jalan poros desatersebut tidaklah cukup.
“Karena estimasi dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki jalan poros desa itu menjapai kurang leblih 2 milyar,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di desa, pemerintah kabupaten bojonegoro pada tahun 2021 menggelontorkan bantuan keuangan desa kepada pemerintah desa. Dari data yang dihimpun pada tahun 2021 ini terdapat 252 desa yang mendapatkan dana bantuan keuangan desa. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.