Dengan Dukungan PEPC, Karang Taruna & Pemuda Kaliombo Berdayakan Lingkungan 

oleh -51 views

 

SuaraBojonegoro.com – Karang Taruna Bhakti Manunggal Desa Kaliombo secara partisipatif dan penuh semangat tengah fokus pada pengembangan Sumber Daya Alam yang ada di wilayahnya. Mereka menggunakan embung sebagai aktivitas produktif sehingga memberikan manfaat lebih terhadap masyarakat Kaliombo sendiri.

Hal tersebut dapat direalisasikan atas dukungan dari PT Pertamina EP Cepu (PEPC) yang memberikan bantuan berupa 30 ribu benih ikan yang di tebar di embung desa sebagai kegiatan ekonomi produktif kedepannya. Adapun 30 ribu benih ikan itu terdiri dari 20 ribu benih ikan Nila dan 10 ribu benih ikan Tawes. Ribuan benih ikan tersebut diserahkan langsung oleh Socioeconomic Drilling PEPC, Andi Yulius kepada Perwakilan Karang Taruna Bhakti Manunggal disaksikan oleh Kepala Desa Kaliombo, Rohmad Edi Suyanto di embung Dusun Jambaran, Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Bojonegoro pada Selasa (29/12).

Selain benih ikan, agar proses budidaya ikan ini memberikan hasil yang maksimal dan berkelanjutan, PEPC juga memberikan 2 buah jaring untuk dijadikan pagar pembatas di embung tersebut.

Salah satu anggota Karang Taruna Bhakti Manunggal, Purwanto menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada PEPC lantaran telah aktif memberikan dukungannya kepada masyarakat Kaliombo seperti halnya pemanfaatan lahan embung untuk kegiatan ekonomi masyarakat ini. Menurut Purwanto, kegiatan ini sangat membantu SDM Kaliombo dalam mengembangkan potensi yang ada.

“Kami mengajak generasi muda Kaliombo untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan cara yang produktif dan berkelanjutan. Kami akan memanfaatkan bantuan dari PEPC ini dengan seksama agar dapat berhasil sehingga bisa dirasakan masyarakat luas Kaliombo” tutur Purwanto.

Sementara itu, Andi Yulius yang mewakili PEPC berharap program ini bisa memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat Kaliombo ke depannya. “Kami mengapresiasi kawan-kawan Karang Taruna Kaliombo ini yang memiliki rencana dan kegiatan yang produktif. Untuk itu PEPC berkontribusi dalam hal-hal semacam ini karena peruntukannya yang terarah” ungkap Andi.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan berbagai potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada. Sebelumnya Karang Taruna Bhakti Manunggal telah mengkaji prospek usaha yang dikelola ini akan memberikan manfaat yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Desa Kaliombo. (Lis/Red)