Ademos Bersama Manajemen Wisata Banyu Kuning Lakukan Reboisasi Hulu Kali Pacal

oleh -
oleh

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Bojonegoro selatan merupakan daerah hulu penyangga bagi cadangan sumber air bagi hampir seluruh masyarakat Wilayah Kabupaten Bojonegoro, baik
Bumi air dan apapun yang terkandung didalamnya adalah untuk kemakmuran rakyat, tetapi menjaga dan melestarikan alam adalah  keharusan.

Dari inisiasi dari Management Wisata Banyu Kuning bersama Ademos Indonesia melaksanakan Reboisasi atau penanaman bibit pohon di Hulu Kali Pascal selain untuk memberikan kontribusi bagaimana berbuat bagi masyarakat dengan mempertimbangkan nilai ekonomi jangka panjang namun tetap menjaga kelestariannya sebagai lahan multifungsi kebergantungan terhadap sumber daya alam yaitu kawasan Hutan di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (20/12/2020).

Ketua Ademos Indonesia Khundori, menyampaikan bahwa Selain menjaga sumber mata air, pohon merupakan mesin-mesin pencetak oksigen bagi kehidupan dan keberlangsungan  peradaban, namun jika Bila kelestarian alam di hulu sebagai penyangga tetap terjaga dengan baik. “maka masyarakat hilir akan menerima dampak yang baik begitupun sebaliknya,” Terangnya.

Karena menurut Khundori bahwa alam adalah sebuah keharusan untuk kita jaga bersama, demi kelangsungan kehidupan makhluk lainnya yang ada di bumi, terutama untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat kedepan agar lebih baik lagi.

Adapun Wisata Banyu Kuning diharapkan mampu menjadi pintu masuk serta pengenalan potensi kawasan yang lainnya seperti porang dan kegiatan-kegiatan lainnya di kawasan dengan harapan mampu mencetak embrio perputaran ekonomi lokal yang lebih baik serta mengurangi jumlah generasi muda bekerja diluar daerah tetapi bagaimana mengelola segala potensi yang ada dan bangga dengan daerahnya sendiri.

“Harapan kami dengan kegiatan ini mampu menggunggah masyarakat lainnya guna memberikan kontribusi keberlangsungan makhluk hidup di wilayah Hulu Kali Pacal,” Tambah Khundori.

Kegiatan Penanaman pohon di Hulu kali Pacal dialokasi Wisata Banyu Kuning Desa Krondonan, ini dihadiri dan diikuti oleh Ketua DPRD Bojonegoro, Ademos Indonesia, Adm Perhutani KPH Bojonegoro,Komite Ekraf Bojonegoro, Bojonegoro Creative Hub (BCH), IPPNU Kec. Gondang, Pemdes Krondonan, Perguruan Silat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta Masyarakat. (Lis/Rum/SAS)

No More Posts Available.

No more pages to load.