TTG Drone Solution, Menuju Pertanian Produktif & Maju

oleh -
oleh

Repoter : Ciprut Laela

SuaraBojonegoro.com – Desa Tikusan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro Melakukan Kemandirian dan Kemajuan teknologi dalam peningkatan pertanian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat petani.

Dengan berbagi upaya inovasi dan kreatif di lakukan Desa untuk mencapai Desa yang lebih maju dan mandiri, seperti yang di lakukan Pemerintahan Desa Tikusan Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, yang menjalin kerja sama dengan Gapoktan – Poktan dengan pengenalan Teknologi Tepat Guna (TTG) Drone Solution. Selasa (15/12/2020).

Kepala Desa Tikusan Ir. Edy Sunarto mengungkapkan bahwa kegiatan pengenalan Drone Solution bagi petani sebagai trobosan dan kepedulian era pandemi, untuk menghindari masyarakat dalam kerumunan, dan mencegah penularan Covid 19.

“Dengan cara inilah salah satu usaha untuk terus menjaga produktivitas pertanian dengan inovasi dan kreatifitas serta diantara usaha bela negara bidang pertanian kita,” Jelas Kades Tikusan.

Pihaknya sengaja menggandeng produsen Alsintan berupa Drone Solution produksi anak negeri dari UGM Jogjakarta. Apresiasi Inovatif dan Produktif menuju Swasembada pangan juga diberikan Pemkab Bojonegoro kepada semua aktivitas Gapoktan-Poktan.

Kades Juga menjelaskan tingkat efektifitas penggunaan Drone Solution sangat terukur dan mudah diaplikasikan. Untuk penyemprotan, baik herbisida maupun fungisida, serta untuk membunuh hama yang akan menyerang tanaman padi dalam 1 jam mampu menyelesaikan sekitar 6 hektar lahan pertanian.

“Teknologi ini bisa memudahkan petani agar tak tertinggal dari negara lain, biar Desa Tambah maju dan makmur serta tidak tertinggal jaman,” tambah Edi Sunarto.

Sementara itu, Wakil dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro  Zaenul Fanani menyampaikan bahwa penghasilan sektor pertanian berdasar struktur APBD terus menurun.

“Kedepan, yang masih urgent adalah sarpras pertanian yang perlu terus mendapatkan perhatian, seperti halnya jitut jides,” ungkap pria ini. (Prut/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.