Rekam Ayam Petelur Program CSR PEPC, Jurnalis Raih AJP 2020

oleh -24 views

Surabaya, SuaraBojonegoro.com – Upaya dan usaha PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dalam menjalankan program CSR pengembangan budidaya ayam petelur untuk meningkatkan ekonomi mandiri serta pemenuhan kebutuhan gizi untuk masyarakat menjadi sebuah cerita yang menarik bagi banyak pihak termasuk dari awak media. Rabu (3/12/2020).

Berangkat dari cerita tersebut, salah satu jurnalis media dari Bojonegoro, Jawa Timur bernama Tulusno Budi Santoso membuat liputan program kemasyarakatan tersebut dalam bentuk photo story atau lebih dikenal dengan foto essay. Dari hasil liputannya tersebut Tulus mengikutkan karyanya ke ajang Anugerah Jurnalis Pertamina (AJP) 2020 wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus). Setelah melalui tahap-tahap penjurian yang ketat akhirnya karya yang menceritakan Program Budidaya ayam petelur dari PEPC tersebut Tulus menerima penghargaan sebagai juara satu kategori Foto Essay AJP 2020 di Ballroom Hotel Java Paragon, Surabaya, Jawa timur, Kamis (03/11)

Menurut Tulus, awalnya merasa tertarik dengan cerita program budidaya ayam petelur yang ada di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro tersebut. Berbekal dengan kemampuan kejelian dalam membekukan momen untuk foto jurnalistik, Tulus pun memotret dari proses telur dalam kandang hingga tersaji di piring untuk asupan gizi masyarakat.

“Saya langsung tertarik setelah mendapat info tentang program PEPC itu, makanya saya niatkan kelapangan dan merekam kegiatan di sana. Saya mengucapkan terima kasih kepada PEPC dengan adanya program ini saya bisa berkesempatan mengikutkan karya saya ke ajang bergengsi AJP 2020 dan Alhamdulillah mendapat nomor satu. Ini benar-benar ajang peningkatan kompetensi jurnalis dalam berkarya juga” jelas Tulus.

Sementara itu, Manager JTB Site Office PEPC Edy Purnomo yang mewakili PEPC menyerahkan penghargaan kepada para jurnalis yang menjadi pemenang dalam kategori Foto Essay. Edy menerangkan, AJP tahun ini berbeda dengan AJP sebelumnya. Tahun ini AJB dibagi kedalam beberapa wilayah. Dan untuk wilayah Jawa Timur sendiri masuk ke Region empat.

“Semoga dengan adanya AJP ini para jurnalis bisa semakin profesional dalam berkarya. Dan juga kami berharap para jurnalis yang ikut dalam AJP ini semakin bersemangat dalam meningkatkan kapasitas jurnalistiknya kedepan. Dengan jurnalis yang profesional tentu akan berdampak kepada mutu informasi yang diterima oleh publik juga semakin lebih baik” pesan Edy.

Berikutnya, para pemenang yang hari ini diumumkan karya-karyanya akan diikutkan dalam seleksi AJP tingkat nasional. AJP 2020 kali ini mengangkat tema ‘Ketulusan untuk Melayani’ yang telah ditetapkan sebagai tema komunikasi Pertamina sejak awal tahun 2020. Pertamina mengajak insan pers mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat pelayanan, kepedulian, pengabdian, kontribusi perusahaan, keterbukaan, dan transparansi atas kemajuan di bidang energi, CSR, mitra binaan, program pemberdayaan, serta pemanfaatan dan pengembangan energi untuk Indonesia yang lebih baik.

AJP 2020 ini sendiri merupakan sebuah event rutin tahunan dan salah satu bentuk apresiasi Pertamina kepada insan pers Indonesia dalam memberikan karya-karya terbaiknya untuk masyarakat luas. Dan AJP 2020 ini sudah memasuki tahun ke 18. (Lis/Red)