PWI Bojonegoro Siapkan Kegiatan HPN 2021

oleh -

 

SuaraBojonegoro.com – Pengurus PWI Bojonegoro menggelar rapat persiapan perayaan hari pers nasional (HPN) 2021 Rabu (2/12). Rapat yang dilaksanakan di markas PWI Gang Makam Sedeng itu membahas sejumlah rangkaian kegiatan HPN 2021. Ada banyak masukan dari para peserta rapat terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Akhirnya dipiluh beberapa kegiatan yang dilaksanakan.

Rapat diawali dengan pembentukan panitia HPN 2021. Peserta rapat menyepakati ketua panitia atau penanggungjawab kegiatan HPN 2021 adalah Ririn Wedia. Pimpinan umum media SuaraDesa.co itu diyakini mampu membuat rangkaian acara HPN 2021 sukses. Itu berdasarkan pengalamanya menjadi penanggungjawab pada peringatam HPN 2020 Februari lalu.

Sekretris dipegang oleh Parto Sasmito, pimpinan redaksi BlokBojonegoro.com. Kemudian bendahara kegiatan dijabat Andik Setyobudi, yang juga bendahara umum PWI Bojonegoro.

Rapat tersebut juga sudah menghasilkan keputusan terkait rangkaian kegiatan yang akan dilakukan PWI selama rangkaian acara. Mulai lomba menulis, webinar, lomba memancing, talk show, penanaman pohon, dan rangkaian acara menarik lainnya.

Ketua Panitia HPN Ririn Wedia menyatakan, tema HPN 2021 di Bojonegoro adalah peran pers dalam pembangunan Bojonegoro. Sebab, suksesnya pembangunan di Bojonegoro juga tidak lepas dari peran serta insan pers. ‘’Pers ikut melakukan pengawasan dengan menerbitkan berita-berita,’’ tutur wanita 35 tahun itu.

Wanita berkacamata itu melanjutkan, tema lomba penulisan esai nantinya adalah Bojonegoroku semakin produktif. Teknis pelaksanaan lomba masih dalam pembahasan lebih lanjut oleh panitia. Namun, dia yakin masyarakat sangat antusias dengan lomba ini. Itu berdasarkan pengalaman lomba penulisan esai HPN 2020 Februari lalu.

Peran wartawan dalam pembangan sebagai salahsatu pilar penting, karena selain eksekutif, legislatif maupun yudikatif, wartawan juga harus melaksanakan fungsinya sebagai pers.

Sehingga melalui peringatan HPN itu, menanamkan sekaligus mengingatkan peran dan fungsi wartawan. Pasalnya menjadi wartawan tidak hanya bekerja dalam perusahaan media, tetapi mampu memegang teguh kode etik dan uu pers itu.

“Semoga kegiatan HPN yang akan dilaksanakan menjadikan wartawan semakin profesional dan produktif, dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” jelasnya.

Saat pandemi covid-19 sekarang ini, bakti sosial juga dilakukan PWI Bojonegoro sebagai salahsatu rangkaian HPN. Para wartawan yang tergabung dalam PWI, juga terus mendukung pemerintah dalam pencegahan covid dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Wartawan saat peliputan selain memakai masker juga berupaya tetap menjaga jarak dan cuci tangan. Pandemi Covid-19 ini menjadi pembelajaran bersama dalam menjaga diri sendiri dan sekitarnya,”Pungkasnya. (Lis/Red)