Dispora & KNPI Bojonegoro Gelar Seminar Kepemudaan

oleh -133 views

Reporter : Ciprut Laila

SuaraBojonegoro.com – Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Komite Pemuda Indonesia ( KNPI) menggelar seminar kepemudaan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar, Konsolidasi pengurus DPD KNPI Bojonegoro di Hotel Bonero, Rabu (2/12/2020), sekaligus Seminar Kepemudaan dengan Tema Optimalisasi Peran Pemuda dalam pembangunan menuju Era industri 4.0.

Seminar Kepemudaan menghadirkan 3 Nara sumber yang memberikan materi, yaitu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bojonegoro, diantaranya Amir Syahid S.Sos,Msi, dan Pembina  DPD KNPI Bojonegoro, Anam Warsito, serta Ketua DPD KNPI Bojonegoro, Mifthakul Huda.

Dalam Pembinaan dan Seminar ini di hadiri 100 peserta, yaitu perwakilan Pemuda dari 28 kecamatan, Dalam acara Seminar ini berjalan dengan Lancar dan penuh semangat.

Dalam kesempatan ini Anam Warsito menyampaikan perlunya pemuda mendapat porsi lebih dalam pembangunan di Desanya, Pemuda tidak boleh diam serta pasif.

“Pemuda harus mampu menjadi peran utama di dalam desanya masing masing, Anam Warsito juga mengomentari semestinya Pemerintah Desa memberi Porsi perhatian yang lebih terhadap masa depan Pemuda,” Terang Anam Warsito.

Dipaparkan juga bahwa Dengan cara memperbanyak kegiatan kepemudaan yang berkaitan dengan Ekonomi, maka saya berharap perhatian Pemerintah Desa terhadap Pemuda di samakan dengan memberikan Anggaran kepemudaan lebih besar.

“Desa jangan hanya pembangun fisik yang diutamakan tetapi pembangunan Sumber Daya Manusia Para Pemuda harus juga diperhatikan,” ungkap Anam.

Lebih lanjut Anam menegaskan, Potensi yang baik di Desa dengan melibatkan Para Pemuda, serta beri mereka porsi lebih termasuk Anggaran Dana bagi Para Pemuda, dan ini alasan mengapa pembangunan di Desa tidak berkembang dengan baik, di karena peran Pemuda sangat minim dalam mengikuti proses pembangunan, tegas  Anam Warsito.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Amir Syahid S.sos Msi menyampaikan pentingnya arti peran Pemuda dalam pembangunan disetiap Desa, untuk itu Pemkab Bojonegoro berharap dapat bersinergi dengan Para Pemuda salah satunya adalah KNPI.

Pemerintah daerah Bojonegoro mengharapkan Pemuda mampu menjadi penggerak dalam perubahan pola pikir dan cara pandang terhadap  pembangunan, Atas dasar itu membangun sumber daya Manusia dalam hal ini Pemuda menjadi Prioritas Pemerintah Bojonegoro.

Supaya Para Pemuda tergerak untuk membangun Desanya masing masing, jika peran Pemuda di Desanya menjadi media Sentral sebagai penggerak perubahan dan pembangunan maka Desa itu akan menjadi berkembang, maju dan Sejahtera, “maka melalui seminar ini para Pemuda didorong untuk lebih berpikir kritis dengan segala daya upayanya menggali potensi yang ada di Desanya guna kemajuan di segala sektor,” jelas Amir.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Bojonegoro, Miftakhul Huda dalam sambutannya menyampaikan Tekadnya untuk membawa KNPI di kepengurusannya agar dapat membawa perubahan dan peningkatan sumber daya Pemuda.

Dalam masa kepemimpinannya berjanji akan membantu Pemuda lebih maju berperan dalam setiap pembangunan,  untuk itu perlunya Organisasi yang sehat dengan cara meningkatkan Konsolidasi Organisasi, serta Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh Pengurus DPD KNPI.

“Dengan itu Pemuda memiliki Harapan dapat membawa perubahan warna pada Organisasi kepemudaan di Bojonegoro,” tegasnya. (Prut/Red)