Tips Aman Pinjam Uang di Aplikasi Pinjaman Online

oleh -90 views

Banyaknya situs pinjaman uang online cukup mempermudah bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua situs pinjaman online aman dan sudah terdaftar di OJK. Lalu, bagaimana tips aman meminjam dana secara online? Simak penjelasannya berikut ini:

Kenali 6 Tips Aman Pinjam Uang di Aplikasi Pinjaman Online

1. Pilih Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar OJK

Tips aman yang pertama adalah, pastikan bahwa sebelum Anda mendownload sebuah situs pinjaman dana online, Anda sudah memastikan bahwa situs tersebut merupakan situs yang legal dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga dana yang Anda pinjam benar-benar aman.
Jika Anda kurang informasi mengenai sebuah situs tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari informasi di web situs resmi, maupun sosial media dari platform maupun aplikasi yang ingin Anda tuju. Dengan meminjam di lembaga yang terdaftar di OJK, maka keamanan dari aplikasi ini bisa dipertanggung jawabkan secara hukum.

2. Pastikan Bunga Tidak Terlampau Tinggi
Selain memastikan bahwa situs tersebut aman karena berbadan hukum dan terdaftar di OJK, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari informasi mengenai besaran bunga yang ditetapkan di setiap situs maupun aplikasi pinjam dana secara online.
Jangan sampai Anda memilih situs yang menawarkan bunga lebih dari 1% per hari, maupun 30% per bulan. Pasalnya, di OJK sendiri mempunyai aturan bahwa besaran bunga paling perusahaan fintech tidak boleh melebihi 0,8% per harinya. Maka dari itu, jika ada suatu fintech yang menawarkan bunga lebih dari 0,8% sebaiknya Anda pertimbangkan dahulu.

3. Pahami Biaya Jaminan Lain yang Ditetapkan

Selain mencari tahu berapa besarnya bunga yang ditetapkan oleh suatu perusahaan fintech, langkah yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah memahami apa saja biaya jaminan yang harus dibayar oleh nasabah ketika mengajukan pinjaman dana. Pasalnya, masing-masing fintech pinjaman online memiliki kebijakan yang berbeda.
Pada umumnya, suatu fintech akan mengenakan biaya administrasi dan biaya keterlambatan denda pada nasabahnya. Kedua biaya ini harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman, biasanya Anda bisa mengecek dibagian FAQ. Fintech yang aman dan terpercaya akan menerangkan biaya-biaya ini dengan transparan.

4. Catat dan Ingat-Ingat Tanggal Jatuh Tempo
Tips aman selanjutnya yang bisa Anda coba adalah pastikan untuk senantiasa mencatat dan mengingat setiap transaksi yang sudah dilakukan. Catat tanggal jatuh tempo – yaitu batas akhir pembayaran hutang. Jangan sampai Anda lupa, karena hal ini akan merugikan Anda sendiri.

5. Pastikan Fintech Online Memiliki Layanan Konsumen

Suatu situs pinjaman online yang aman dan terpercaya, pastinya memiliki layanan konsumen. Fintech yang aman akan terang-terangan memberikan informasi terkait no telepon, alamat kantor, dan email, serta sosial media untuk nasabah menyampaikan pengaduan.
Apabila Anda tidak mengetahui nomor telepon ataupun alamat kantor situs pinjaman online yang Anda pilih, jika dikemudian hari terjadi masalah, maka Anda sendiri yang akan kesusahan.

6. Pahami Resiko Pinjaman Online
Tips terakhir yang sangat penting Anda pertimbangkan sebelum memutuskan meminjam dana secara online adalah pahami seberapa besar resiko yang didapatkan ketika meminjam dana tersebut. karena yang namanya pinjaman, pasti harus dikembalikan. Untuk itu, Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara dan proses penagihan yang dilakukan.

Fintech pinjaman online yang benar, akan menerapkan proses penagihan sesuai dengan aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Resiko lain yang harus Anda pahami adalah apabila tidak mampu melunasi hutang, biasanya perusahaan fintech akan melaporkan kewajiban dan status kredit nasabah yang menunggak ke Kredit Biro.

Jika hal ini sampai terjadi, maka Anda akan kesusahan meminjam dana di kemudian hari karena sudah memiliki catatan buruk menunggak hutang. Itulah tips aman meminjam online yang bisa kamu pahami terlebih dulu.

Salah satu aplikasi atau situs penyedia layanan pinjaman online cepat cair adalah Tunaiku. Aplikasi ini telah terdaftar secara resmi di OJK, sehingga keamanan transaksi di Tunaiku bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Selain itu, Anda juga bisa meminjam dana hingga limit 20 juta rupiah, dengan masa tenor atau lama pinjaman hingga 20 bulan.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah meminjam melalui Tunaiku karena tidak membutuhkan jaminan apapun. Proses verifikasi persyaratan dan konfirmasi penerimaan kredit juga hanya memakan waktu hingga 24 jam saja. Tidak heran jika aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan suntikan dana cepat.