Desa Kepohkidul – Kedungadem, Dinyatakan Sebagai Desa Bebas ODF

oleh -158 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Bertempat di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, dilakukan pengecekan oleh Tim dari Dinas Kesehatan kabupaten Bojonegoro dan dari Puskesmas Kedungadem terhadap ODF (Open Defecation Free) di yang ada di Desa setempat, Kamis (01/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Dinas Kesehatan yang di pimpin oleh dr. Lucki Imroah selaku Kabid KGM, dan kepala Puskesmas Kedungadem dr. Rahmat Trisnanto untuk melakukan pengecekan dan telusur lapangan terkait Desa ODF.

Disampaikam oleh dr. Lucki Imaroh Kepala Puskesmas Kecamatan Kedungadem saat di temui awak media di Balai Desa Kepohkidul, bahwa Tim Verifikasi  ODF Kabupaten dari Dinas Kesehatan  Kabupaten Bojonegoro sedang melakukan Verifikasi ODF Desa Kepohkid terkait pengecekan data  dan telusur lapangan. Dan dari hasil Verifikasi untuk menyatakan apakah Desa Kepohkidul  ODF apa belum.

Kades Kepohkidul, Samudi saat ditemui Wartawan usai kegiatan menyampaikan Terima kasih kepada seluruh Tim penggerak ODF dan masyarakat sehingga perilaku masyarakat untuk BAB sudah sehat, sudah BAB pada tempatnya dan tentunya ini mendukung kesehatan masyarakat apalagi Desa Kepohkidul sudah ada sebanyak 300 ODF.

Selama 3 tahun menjabat sebagai kepala Desa Samudi melakukan program ODF ini setiap tahunnya 100 ODF sehingga total ODF sebanyak 300 dalam 3 tahun menjadi kepala Desa.

“Dengan adanya 300 titik, saat ini seluruh warga Desa Kepohkidul tidak ada yang tidak punya WC dan bisa sehingga tingkat kesehatan masyarakat juga meningkat, dan Desa Kepohkidul di Nyatakan Bebas ODF” Kata Samudi.

Dikatakan juga oleh Samudi, bahwa tidak ada lagi masyarakat yang BAB sembarangan, dan hal ini dilakukan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem.

“Karena pentingnya peningkatan kesehatan ini juga akan berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga dengan Program ODF prilaku kebersihan dimasyarakat juga menjadi lebih baik,” Pungkas Kades Kepohkidul. (Rum/SAS)