Keren ! Polres Bojonegoro Punya Robot Bisa Deteksi Pelanggar Protokol Kesehatan

oleh -734 views

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Upaya Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro untuk menghadang sebaran Covid 19 selain melakukan patroli dengan mengerahkan anggota dari berbagai satuan yang ada dengan sosialisasi maupun pembagian masker secara gratis hingga menerpakan razia pelanggaran protokol kesehatan, agar masyarakat tidak terpapar Covid 19, Polres Bojonegoro juga menciptakan Robot Patroli Protokol Kesehatan.

Robot patroli yang di ciptakan sendiri oleh anggota Sitipol Polres Bojonegoro yang dikoordinatori oleh Bripka Nanang Syaiful Hanafi bersama Timnya ini mampu membuat robot yang bisa mendeteksi para pelanggar kesehatan yang ada di tempat tempat umum di wilayah Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, ketika di konfirmasi oleh Media Suara Bojonegoro, menjelaskan bahwa Robot ini sengaja di ciptakan untuk membantu kepolisian dalam menjalan tugas patroli protokol kesehatan, sehingga robot yang hanya ada di Negara besar seperti Jepang, Abu Dani, Tunisia serta negara lainnya ini bisa melakukan pendeteksian secara elektronik terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

“Robot ini sudah kita uji di tempat umum beberapa waktu lalu dan hasilnya sangat maksimal karena dilengkapi dengan fitur fitur yang bisa mendeteksi masyarakat yang tidak pakai masker dan lainnya yang melanggar protokol kesehatan,” Terang Kapolres Bojonegoro.

AKBP M Budi Hendrawan juga menyebutkan, nantinya robot ini akan melakukan patroli di tempat tempat umum, seperti di lokasi yang terdapat  keramaian atau banyak masyarakat berkumpul untuk melakukan pendeteksian, sehingga robot tersebut jika di fungsikan akan langsung mengetahui melalui layar yang ada jika ada masyarakat pelanggar Covid 19.

“Saat ini Tim dari Sitipol Polres Bojonegoro masih melengkapi fitur fitur pendeteksian lainnya, sehingga Minggu depan robot patroli ini sudah bisa di fungsikan,” Jelas AKBP M Budi Hendrawan.

Robot Patroli ini akan berfungsi membantu anggota kepolisian dalam patroli protokol kesehatan, sehingga dengan alat deteksi ymdan suara yang ada akan dapat mengetahui masyarakat yang tidak memakai masker dan yang melanggar protokol kesehatan lainnya.

Kapolres juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker, karena pihak kepolisian dan aparat lainnya akan terus melakukan patroli dan juga melakukan operasi yustisi terhadap pelanggar protokol kesehatan di wilayah hukum Bojonegoro. (SAS)