Masih Pandemi Covid-19, Polres Bojonegoro Himbau Warga Tidak Takbir Keliling Malam Idul Adha 2020

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro,  AKBP M. Budi Hendrawan, SIK, MH meminta agar masyarakat tidak menggelar takbir keliling menyambut hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Ia mengatakan pelaksanaan takbir cukup digelar di dalam masjid atau musholla dengan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Pada saat malam Idul Adha nanti, kami imbau untuk seluruh masyarakat kita tidak perlu takbir keliling, cukup takbir di masjid, musholla dan Salat Idul Adha di masjid dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Kapolres Bojonegoro, Kamis (30/7/2020).

Apalagi kasus penyebaran Covid-19 di Bojonegoro tergolong tinggi. Bahkan, per 29 Juli 2020, jumlah pasien Covid-19 yang terkonfirmasi di wilayah Bojonegoro itu ada 26 orang yang dirawat, sebanyak 12 orang dinyatakan kasus suspek.

“Dengan kondisi saat ini, kita harap masyarakat Bojonegoro untuk tidak menggelar takbir keliling,” ujar Budi Hendrawan saat ditemui awak media ini di sela-sela kegiatan Kampung Tangguh Semeru Desa Ledok Wetan, Kamis(30/7/2020).

Sejumlah kebijakan baru dibuat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Mulai dari aturan dalam menjalankan salat Idul Adha, tata cara menyembelih, takbir keliling, hingga bagaimana aturan membagi hewan kurban.

Masih menurut Kapolres Bojonegoro, dengan adanya aturan dalam menjalankan salat Idul Adha, tata cara menyembelih, takbir keliling, hingga bagaimana aturan membagi hewan kurban ditengah pandemi  Covid-19  berdasarkan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor : 451/10475/012.1/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Idul Adha 1441 H/2020 M pada situasi pandemi Covid-19. Dalam surat edaran tersebut memuat aturan untuk empat kegiatan meliputi kegiatan takbiran menyambut Idul Adha, penyelenggaraan Salat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dan pendistribusian daging hewan kurban.

“Mari kita patuhi aturan pemerintah dan protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Kami tidak ingin perayaan Idul Adha menjadi klaster baru Covid-19,” pungkas AKBP M. Budi Hendrawan.

Kapolres Bojonegoro beserta staf dan Bhayangkari juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 H/2020 M kepada seluruh umat Muslim. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.