Pengurus BUMDes Berkaho Resmi Dilantik

oleh -453 views

Oleh : Didik Winarto

SuaraBojonegoro.com – Akhirnya, Desa Pungpungan mempunyai BUMDes dan dilantik secara resmi di Balai desa. Kepala desa Pungpungan secara resmi melantik pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkaho di balai desa setempat, Sabtu (18/07/20).

Dalam acara pelantikan  tersebut, hadir anggota BPD, Tokoh masyarakat serta undangan lainya.
Dalam sambutannya, Kepala Desa Pungpungan, Selamet Hariadi yang akrab disapa Kang Hari mengatakan bersukur atas berdirinya BUMDes di desa Pungpungan.Karena sudah sejak lama dinantikan. BUMDes Berkaho juga diharapkan pemdes dan masyarakat agar desa Pungpungan menjadi lebih bergeliat perekonomianya.

Selain itu, Kang Hari juga mengatakan bahwa BUMDes Berkaho akan dibekali dengan modal dan beberapa aset yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Pungpungan.

Ketua terpilih BUMDes Berkaho, Resma Edhi Satria mengatakan bahwasanya proses pendirian BUMDes ini penuh liku dan sangat prosedural. Dimulai dari sosialisasi pentingnya BUMDes,penunjukkan tim perumus persiapan pendirian BUMDes,pemaparan hasil tim kepada pemdes,serta konsultasi pemdes kepada BPD hingga akhirnya terjadi pelantikan.

Resma menambahkan tim perumus yang juga diketuai olehnya telah merampungkan berbagai tugas yang akan mempermudah pengurus BUMDes nantinya. Diantara tugas-tugas tim tersebut adalah merumuskan Perdes BUMDes, menyusun AD/ART, memilih nama BUMDes, Logo, visi, misi pengusulan usaha-usaha yang akan dijalani serta pengusulan nama-nama pengurus BUMDes.

Disinggung mengenai pemilihan nama Berkaho, Resma menjelaskan nama Berkaho ini memiliki arti Do’a atau harapan agar BUMDes menjadi lebih berkah. ”Biasanya nama-nama BUMDes adalah kata-kata yang sudah tidak asing ditelinga,kami ingin nama yang agak unik, mudah di ingat serta mengandung makna,” imbuhnya.

3 sektor bisnis sudah direncanakan akan digarap oleh para pengurus BUMDes yang dilantik.Diantaranya sektor Pertanian,sektor Jasa Konveksi serta sektor UMKM.

”Kami meminta bantuan bimbingan serta do’a masyarakat agar BUMDes Berkaho dapat berjalan lancar sehingga bisa memenuhi ekpektasi warga Pungpungan”. Pungkas Resma. (Dik/Lis)