Polres Bojonegoro Gelar Upacara HUT Bhayangkara Secara Virtual Dari Istana Negara RI

oleh -71 views

Reporter : Yudianto

SuaraBojonegoro.com  – Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020 dilaksanakan dengan penuh khidmad dan cara yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini peringatan dilaksanakan secara virtual langsung dari Istana Negara Republik Indonesia dengan Pemimpin Acara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dengan peserta seluruh Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Unsur Pemerintah Daerah masing – masing.

Rabu, (01/07/2020) Polres Bojonegoro menggelar Acara Hari Bhayangkara Ke-74 di Gedung AP I Rawi  Polres Bojonegoro, yang dihadiri oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan, SIK, MH, Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah, Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, Kajari Bojonegoro, Sutikno, SH, MH, Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Solikin, Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Unggul Tri Eshti Muljono, SH.MH dan Tokoh Agama sekaligus Ketua FKUB Kab.Bojonegoro KH.Alamul Huda berseta tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pemberian penghargaan Bintang Bhayangkara Narariya kepada Personil Polri yang telah berjasa besar dalam pengabdiannya kepada Negara.

Dalam amanatnya Presiden RI menyampaikan selamat Hari Bhayangkara Ke-74 bagi seluruh personil polri dimanapun berada, semoga Polri makin jaya,  sebagai Bangsa pejuang kita tidak boleh menyerah, Pandemi covid-19 merupakan cobaan yang berat, kita harus bekerja keras untuk membangun kebersamaan.

Masih amanat Presiden RI, dari laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan indeks reformasi birokrasi polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 102 satker zona integritas, yang terdiri dari 102 satker dengan predikat wilayah bebas dari korupsi (wbk) dan  5  satker  dengan  predikat 5 Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua kementerian/lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah kementerian keuangan. Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diharapkan lebih baik. Tingkat kepercayaan publik terhadap Institusi Polri terus meningkat.

Diakhir amanat Presiden RI menyampaikan Instruksi kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas :

Pertama : Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.

Kedua  :   Strategi Pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat.

Ketiga  :  Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan, dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.

Keempat  :   Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

Kelima :  Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Keenam  :  Pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah Tahun 2020 dan lakukan penanganan secara professional dengan mengedepankan tindakan persuasif.

Ketujuh   :  Pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran covid – 19 ditengah kegiatan produktif yang tetap harus dilaksanakan dan kawal setiap langkah pemulihan ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro,  AKBP M. Budi Hendrawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Bojonegoro, yang selalu mendukung dan berperan aktif dalam pelaksanaan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Bojonegoro, tentunya Polres Bojonegoro bukan apa – apa tanpa dukungan dan peran aktif dari elemen masyarakat di Bojonegoro, mari bersama-sama Jogo Jawa Timur, Jogo Bojonegoro,” pungkas Kapolres kepada awak media ini setelah selesai upacara di Gedung AP I Rawi. (Lis/Red)