Pembagian Air Pertanian Belum Merata, Pemkab Bojonegoro Harus Hadir di Petani

oleh -

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Petani di Wilayah kecamatan Sumberrejo benar benar merasa resah dan mengeluhkan tidak adanya air untuk mengairi persawahan mereka, kondiso irigasi dan juga saluran air benar benar tidak ada airnya untuk mengairi sawah mereka.

Keluhan petani tersebut disampaikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro dari Fraksi Nasdem Ahmad Suyono bahwa kondisi petani yang menghawatirkan tanaman mereka akan mengering dan mati karena tidak adanya air.

“Hari ini teman teman HIPPA datang ke saya dan mengajak ke sawah dan juga untuk melihat saluran air yang benar benar kering dna tidak ada airnya,” Kata Ahmad Suyono, Minggu (28/6/2020).

Bersama anggota HIPPA diantaranya Sugeng dari desa Sumuragung dan Lamin Ketua HIPPA Desa Pekuwon, Ahamd Suyono sangat prihatin melihat kondisi pengairan yang memang tidak ada.

“Kondisi saluran air atau irigasi memang benar benar kering, saya melihat di beberapa titik lokasi kondisinya memang sama, petani di beberapa Desa mengeluhkan tidak adanya air,” Kata Pria yang sudah dua kali menjabat anggota wakil rakyat ini.

Hari minggu yang seharusnya Libur bagi Suyono, namun karena adanya keluhan petani yang mengharuskan dirinya turun tetap harus dilakukan sebagai wakil rakyat, setelah melihat kondisi air yang tidak ada dan tanaman padi masih harus membutuhkan air, Suyono berharap agar pemerintah kabupaten Bojonegoro, khususnya Dinas Pertanian agar bisa melihat langsung dan juga memberikan solusi agar para petani ini bisa mengairi sawahnya yang saat ini masih membutuhkan air.

Karena jika segera tidak ada solusi maka, tanamam padi milik petani akan mengering dan mengalami kerusakan serta gagal panen. Karena juga menurut Suyono pembagian air dari Waduk pacal diindikasi tidak merata hingga sampai ke bawah.

“Menyampaikan keluhan para petani, segera harus ada solusi soal air, bagaimanapun petani di tingkat bawah harus mendapatkan air guna mengairi tanaman padi mereka,” Pungkas Ahmad Suyono yang saat ini duduk di Komisi D DPRD Bojonegoro ini. (Sas*)

No More Posts Available.

No more pages to load.