Bupati Anna: BUMDes Harus Fokuskan Pengelolaan Unit Usahanya

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah ikuti Webinar Pengembangan Desa dan Bumdes di Masa New Normal 2020 yang dilaksanakan oleh DRD Kab. Bojonegoro, rabu (24/06). Turut bergabung Kepala DPMD Jatim, Anggota DRD Kab. Bojonegoro, Kepala DPMD Kab. Bojonegoro, Kepala Bappeda Pemkab Bojonegoro, Camat se Kab. Bojonegoro dan perwakilan Kepala Desa serta perwakilan BUMDes di Kab. Bojonegoro.

Dalam pertemuan melalui teleconference yang dipimpin langsung oleh M. Mas’ud Ketua DRD Kab. Bojonegoro tersebut, disampaikan acara tersebut bertujuan memperkuat peran BUMDes dalam mengentaskan kemiskinan dan kemajuan desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Bojonegoro menyampaikan beberapa hal terkait gerakan menyimpan sebagian hasil panen hingga konsep BUMDes mengelola sektor Agrobisnis dan Desa Wisata. Saat ini berdasarkan data desa center jawa timur juni 2020, tercatat sebanyak 317 BUMDes di Kab. Bojonegoro telah menjalankan berbagai macam unit usaha.

“Secara kualitas, BUMDes di Kab. Bojonegoro tergolong baik, cukup dan kurang. Sehingga kita perlu memberikan perhatian untuk mendampingi pengelolaan secara administrasi hingga kegiatan. Yang menjadi persoalan adalah pengelolaan BUMDes belum terfokus di unit usaha tertentu. Sehingga nantinya kita akan prioritaskan BUMDes untuk memaksimalkan di sektor pertanian dan desa wisata.” Terang Anna Mu’awanah.

“Saya berharap, petani nantinya dapat menyisihkan hasil panennya untuk lumbung pangan bagi keluarganya. Sehingga dimusim kemaraupun kita masih memiliki ketersediaan bahan pangan.” Harapnya.

M. Yasin selaku Kepala DPMD Jatim, mendukung upaya Pemkab Bojonegoro terkait pemaksimalan di sektor pertanian dan desa wisata. Hal itu sesuai dengan program Inovasi Klinik BUM Desa Gubernur Jatim, agar mampu berperan sebagai pilar perekonomian perdesaan.

“6 point Inovasi Klinik BUMDesa Pemprov Jatim diantaranya :
– Membangun kemandirian BUMDesa yang berkelanjutan
– Mengembangkan BUMDesa melalui kerjasama usaha dan jejaring pemasaran
– Memberikan tutorial klinik BUMDesa secara online
– Memetakan potensi dan jenis usaha BUMDesa
– Meningkatkan kapasitas dan kewirausahaan BUMDesa
– Menumbuhkan ekonomi UMKM secara komprehensif.” Ungkap M. Yasin. (Lis/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.