MCK Di Petilasan Sunan Kalijaga Menilo, Berikan Manfaat Masyarakat dan Pengunjung

oleh -262 views

Kontributor : Didik Winarto

Tuban, SuaraBojonegoro.com – Keberadaan Petilasan Sunan Kalijaga yang berada di Desa Menilo Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini menjadi kebanggaan warga setempat, selain menjadi tempat bersejarah dan juga banyak dikunjungi banyak orang, Pemerintah Desa Menilo juga berupaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang dengan memberikan fasilitas MCK atau Kamar Mandi.

Disampaikan oleh Mustajab, Kepala Desa Menilo, saat ini sudah ada dua kamar mandi yang berada di Samping Petilasan Sunan Kalijaga ini dengan harapan bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Adanya MCK ini berawal dari komunikasi kami dengan Bank BTPN Syariah kemudian menawarkan bantuan pembuatan MCK umum akhirnya kami diskusikan dan ditempatkan di sebelah Petilasan Sunan Kalijaga,” Kata Mustajab, Senin (15/6/2020).

Bangunan ini kemudian diresmikan pada Jum’at 12 Juni 2020 Kemarin yang dihadiri oleh Pihak Bank BTPN Syariah, sebelum bangunan berdiri, pihak Pemkab dan juga Provinsi Jawa Timur juga telah melakukan Verifikasi bahwa dengan anggaran senilai Rp16 juta akhirnya berdiri bangunan MCK dengan dua kamar.

Menurut Kades Menilo, bahwa di Petilasan Sunan Kalijaga ini banyak warga pendatang yang sengaja berkunjung dan melakukan kegiatan Ritual, atau sekedar datang untuk mengetahui keberadaan Petilasan penyebar agama Islam di Tuban ini. Sehingga menurut Kades perlu adanya fasilitas Umum MCK agar memudahkan pengunjung yang singgah untuk keperluan MCK.

“Kami berharap juga bermanfaat untuk masyarakat dan difungsikan dengan baik serta saling menjaga agar tetap awet dan terjaga,” Tambah Mustajab.

Pemdes Menilo juga menyampaikan terima kasih kepada Bank BTPN Syariah, semoga apa yang disumbangkan bisa bermanfaat dan menjadikan komunikasi akan lebih baik lagi.

“Pemdes Menilo akan terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk merintis pembangunan di Desa menilo tentunya akan memberikan manfaat pada masyarakat dan pembangunan,” Pungkas Mustajab. (Dik/Sas)