Di Tuban, Tambah 7 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 & 4 PDP Baru

oleh -1.679 views

Reporter : Sasmito Anggoro

Tuban, SuaraBojonegoro.com – Perkembangan Sebaran Virus Corona (Covid 19) di Kabupaten Tuban, Seperti yang disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali terdapat penambahan, yaitu Tujuh kasus orang terkonfirmasi positif Covid-19, dan Penambahan empat PDP baru, satu diantaranya meninggal dunia. Selasa (2/6/2020).

Endah Nurul Komariyati, ST., M.Kes., selaku Tim Media Center Tuban, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban,  menjelaskan bahwa penambahan pasien terkonfirmasi positif hari ini bertambah tujuh orang atau secara kumulatif menjadi lima puluh satu orang.

“Dari hasil Tes RT-PCR yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya ada penambahan konfirmasi positif dari Cluster Tambakboyo, Cluster Pasar Tambakboyo, Cluster Grabagan dan PDP asal Kecamatan Palang,” jelasnya.

Adapun ketujuh konfirmasi positif tersebut adalah penambahan pada Cluster Tambakboyo yaitu Perempuan (32th) asal Tambakboyo. Selain itu dari Cluster Pasar Tambakboyo ada tiga orang yaitu Laki-laki (45th) dan perempuan (38th) asal Bancar serta perempuan (57th) asal Tambakboyo.

“Sementara dari Cluster Grabagan terjadi penambahan Konfirmasi Positif, Laki-laki (22th) dan perempuan (12th) asal Grabagan. Hari ini juga ada penambahan Konfirmasi Positif yang sebelumnya PDP yaitu Perempuan (46th) asal Palang.”beber Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten ini.

Penambahan kasus juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Terdapat penambahan empat PDP baru yang jika dirinci adalah Laki-laki (29th) asal Jombang yang tinggal di Kecamatan Rengel, Laki-laki (53th) asal Kecamatan Semanding dan Laki-laki (51th) asal Kecamatan Tuban serta satu PDP baru dalam kondisi sudah meninggal dunia adalah perempuan (45th) asal Kecamatan Jatirogo dimana hasil rapid tes menunjukkan reaktif.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tgl 2/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB  Jumlah kumulatif  ODP sebanyak 634 orang dengan keterangan sebanyak 521 orang selesai pemantauan dan 113 orang masih dalam pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 64 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 29 orang sembuh;  15 orang meninggal dunia; dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 20 orang.

Untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 51 orang, terdiri dari 4 orang sembuh; 3 orang meninggal dunia; dan 44 orang dalam perawatan.

“Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol Covid 19 agar terhindar dari sebaran Covid 19,” Pungkas Endah. (Sas/Lis)