Petugas Gabungan Sita Barang Bawaan Jika Warga Bandel Tak Pakai Masker di Tuban

oleh -660 views

Reporter : Sasmito Anggoro

Tuban, SuaraBojonegoro.com – Penerapan disiplin bermasker memang harus menjadi kebiasaan di Pandemi Covid 19 ini, hal ini dilakukan guna memutus rantai sebaran Virus Corona atau Covid 19 di Kabupaten Tuban, sehingga
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban juga akan bertindak tegas terhadap warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Minggu (31/5/2020).

Ketegasan ini akan di tunjukkan oleh petugas gabungan Satpol PP, TNI dan Polri yaitu tidak segan menyita barang bawaan jika warga tak memakai masker atau melanggar protokol kesehatan. Teruatama para pengunjung warung atau kafe, pasar, Swalayan dan lainnya.

Langkah tegas ini disampikan oleh
Kasatpol PP Tuban, Heri Muharwanto bahwa pihaknya telah berhasil menyita barang bawaan pengunjung warung kopi, kafe dan juga swalayan diantaranya adalah 41 Handphone, 16 KTP, 1 SIM, 3 STNK dan 1 kartu BPJS yang kemudian di amankan, dan selanjutnya diberikan himbauan dan pembinaan.

“Kami lakukan giat gabungan ini dalam rangka menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 19 tahun 2020 tentang kewajiban penggunaab masker dengan Sasarannya petugas ialah lokasi warung kopi, cafe dan pusat perbelanjaan. Jika di lokasi petugas mendapati pemilik maupun pengunjung tak bermasker maka dilakukan penindakan,” Terang Kasat Pol PP Tuban.

Ditegaskan juga oleh Kasat Pol Pp Tuban bagi pemilik lapak yang membandel maka sangsinya bisa pencabutan ijin operasi dicabut. Dan bagi pelanggar yang barang bawaannya disita, maka bisa diambil di Kantor Pemkab Tuban dan menemui petugas Satpol PP.

“Ketika mengambil barang bukti, para pelanggar wajib membawa surat pernyataan dari petugas saat razia berlangsung yang dibubuhi tanda tangan kepala desa. Dalam surat tersebut pelanggar diminta tidak akan mengulangi dan melakukan aktifitas di luar rumah tanpa menggunakan masker,” Tambah Heri Muharwanto.

Langkan ini dilakukan petugas agar bisa  menekan penyebaran virus korona di bumi wali. Harapanya, masyarakat sadar untuk kepentingan bersama dalam rangka mencegah perkembangan penularan covid. Oleh sebab itu, setiap keluar rumah wajib memakai masker dan sering-sering cuci tangan. (Sas*)