201 Pedagang Pasar Dander di Rapid Tes, Untuk Deteksi Sebaran Covid-19

oleh -
oleh

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Dipimpin Langsung Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, yang didampingi Oleh Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Kabag ops Polres Bojonegoro Kompol Eko Dhani, dan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro, melakukan Rapid Tes terhadap para pedagang Pasar yang biasa berjualan Sayur, ikan dan juga pedagang Rengkek di Pasar Desa/Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro dini hari tadi, Sabtu (9/5/2020).

Kapolsek Dander, AKP Mashadi yang turut langsung mengamankan kegiatan tersebut menyampikan bahwa kegiatan Rapid Tes ini dengan sasaran pedagang pasar yang biasa berjualan pada dini hari karena bersentuhan dengan banyak orang, sehingga guna mendeteksi dan juga mengantisipasi Sebaran Covid-19 atau Virus Corona dilakukan Rapid Tes terhadap pedagang pasar.

“Rata rata yang dilakukan Rapid Tes ini adalah para pedagang Sayur, Pedagang Ikan dan Pedagang Rengkek,” Kata AKP Mashadi.

Sementara kegiatan Rapid Tes ini berjalan dengan lancar dan masyarakat juga dengan kesadaran setelah mendapatkan himbauan secara langsung dari Bupati Bojonegoro yang juga hadir ditengah tengah kegiatan Rapid Tes ini.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah Menyampaikan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, serta memutus rantai penyebaran. Pasar merupakan salah satu titik yang memiliki risiko penyebaran Covid-19. Sebabnya, karena banyak interaksi dan ada kerumunan massa. Pasar merupakan klaster yang rentan penyebaran virus, maka Dinkes melakukan Rapid Test terhadap para pedagang. pengamanan.

“Rapid test dilakukan sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19 di Kota Bojonegoro. Mengingat Bojonegoro sudah masuk zona merah, dan juga untuk mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak,” Papar Bupati Anna.

Bupati Anna Muawanah juga mengimbau kepada para pedagang tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan, pola hidup bersih sehat, jaga jarak antara pedagang satu dengan pedagang lainnya, pedagang dengan pembeli, guna masker.

Selain itu hadir pula dalam kegiatan  Rapid Tes Petugas dari Dinas Perhubungan, BPBD, Dan Dinas Perdagangan Pemkab Bojonegoro.

Sebelumnya Pemkab Bojonegoro juga melakukan Rapid Tes terhada 269 Pedagang Pasar Tradisional Bojonegoro yang biasa berjualan di luar pagar yaitu pedagang sayur, pedagang Ikan dan pedagang Rengkek, dengan Hasil sebanyak 86 dinyatakan Positif Reaktif Rapid Tes. (Sas*)

No More Posts Available.

No more pages to load.