Cegah Sebaran Covid-19, Unigoro Bantu APD Untuk RSUD Bojonegoro

oleh -627 views

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) hingga saat ini masih terus aktif dalam kegiatan pengendalian penyebaran Coronavirus atau COVID-19, sebelumnya Unigoro melakukan penyemprotan Disekfetan ke Pemukiman dan Rumah warga, kali ini Unigoro memberikan bantuan beberapa paket APD (Alat Perlengkapan Diri) ke RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sosrodoro Djatikusumo Bojonegoro yang diserahkan oleh pihak Rektorat Universitas yang berada di Jalan Suyitno Bojonegoro ini, Senin (6/4/2020).

Penyerahan APD dari Unigoro ini diterima langsung oleh Perwakilan pihak RSUD Sosrodoro Djatikusumo M Subiyanto, adapun APD yang diserahkan diantaranya adalah Sebanyak 16 Box Sarung tangan, 7 liter Alkohol 70 persen, dua Botol alkohol 90 persen, Handsanitizer sejumlah 27 liter, Kaca Mata medis sebanyak 10 box, DS Sprayer sebanyak 1 unit, APD 100 buah, dan bilik disinfektan sebanyak 1 unit.

Bantuan tersebut diserahkan duak kali yaitu pada tanggal 3 april dan tanggal 6 april 2020, untuk membantu Rumah Sakit Daerah ini agar tidak mengalami kekurangan peralatan medis dalam pencegahan Virus Corona atau Covid-19 baik yang digunakan pasien maupun tenaga medis.

Rektor Unigoro, Dr. Tri Astuti Handayani kepada awak media mengatakan bahwa peralatan ini diberikan guna membantu kebutuhan Rumah sakit dalam kegiatan perawatan terhadap pasien serta para tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit ini.

“Karena kebutuhan APD untuk pencegahan Covid-19 ini  sangat banyak sehingga kami dari Unigoro mempunyai kepedulian terhadap RSUD agar dapat mengurangi atau menangkal penyebatan Virus yang meresahkan masyarakat ini,” Terang Tri Astuti Handayani.

Sementara itu, Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arif Januarso yang membawahi Unigoro menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan ini adalah bentuk kepedulian Unigoro terhadap penanganan peyuebaran Covid-19 di Bojonegoro terutama di lingkungan Rumah Sakit.

“Karena Rumah sakit ini terdapat orang sakit, orang sehat dan Paramedis, sehingga untuk melindungi diri jangan sampai ada penyebaran Covid-19 maka semua yang berada di Rumah Sakit harus mentaati protokeloler yang ditetapkan pemerintah,” Ungkap Arif Januarso.

Barang-barang kesehatan seperti contohnya APD Hazmat, Sarung tangan, Handsanitizer dan lainnya saat ini menjadi barang yang sangat dicari, menjadi langka dan mahal harganya karena digunakan untuk mencegah seseorang agar tidak terserang virus corona.

Dengan bantuan yang diberikan ini sangat diharapkan dapat mengurangi dan menangkal penyebaran Virus Corona di Bojonegoro, sehingga dengan APD yang diberikan dapat membantu semua orang yang ada dilingkungan Rumah Sakit. “Kami akan melakukan koordinasi terus dengan Pihak RSUD Sosrodoro Djatikusumo Bojonegoro agar Unigoro bisa membantu dalam menangkal Covid-19 ini,” Pungkas Ketua Yayasan Unigoro.

Semoga yang diberikan oleh Unigoro terhadap RSUD Sosrodoro Djatikusumo ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya, dijelaskan  oleh Arif Januarso bahwa apa yang dilakukan oleh pihaknya merilupakan bentuk kepedulian Unigoro terhadap pencegahan Virus Corona yang meresahkan masyarakat saat ini. (Rum/Sas)