Keberhasilan Pemdes Bareng, Mengantar Dukungan Kepada Suprapto Menuju 2 Periode

oleh -557 views

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Perjuangan  Pemerintah Desa dalam melaksanakan program pembangunan untuk kemajuan Desanya tak luput dari peran Pemertintah, Masyarakat dan juga Kepala Desa setempat, yang mengedepankan Pembangunan adalah hak rakyat yang harus diberikan sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan dan juga mengangkat perekonomian masyarakt setempat.

Itulah yang selalu dipegang oleh Suprapto, Kepala Desa Bareng, Kecamatan Sekar, Kabupatem Bojonegoro, Jawa Timur, saat menjalankan pemerintahan di Desanya, dengan mengedepankan Prioritas pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan warganya agar menjadi lebih dari sebelumnya, tidak hanya program pembangunan, akan tetapi program peningkatan kesejahteraan masyarakat juga menjadi prioritas utama bagi Kepala Desa Bareng, Suprapto.

Dengan perjalanan Selama menjadi Kepala Desa, Yaitu periode 2014 hingga 2020, akan mengantar kembali Suprapto mencalonkan kembali untuk menjadi kades Bareng untuk periode 2020 hingga 2026, dengan dukungan penuh dari masyarakat Desa Bareng, dan program yang sudah berjalan dan dinikmati masyarakat.

“Majunya saya kembali ini untuk meneruskan program yang sudah berjalan dan juga yang lebih penting  adalah memenuhi keinginan warga Bareng agar saya mencalonkan Kades Kembali untuk periode 2020-2026,” Terang Suprapto kepada Media SuaraBojonegoro.com, Senin (13/01/2020).

Selama menjabat sebagai Kades Bareng, berbagai Program telah dilakasanakan dan berdampak positif dan dinikmati oleh masyarakat Desa Bareng diantaranya adalah Perbaikan Infrastruktur diwilayah desa bareng secara berjenjang mulai dari pavingisasi jalan lingkungan, rabat beton, dan aspal jalan, “hal ini guna peningkatan dan memudahkan akses transpotasi masyarakat guna mengangkut hasil pertanian mereka, sehingga bisa mendongkrak harga hasil panen,” Lanjutnya.

Begitupula dengan program PTSL yang juga membantu kemudahan masyarakat dalan mengurus hak atas tanah mereka dengan PTSL sehingga antusias masyarakat sangat luar biasa mengikuti program tersebut dengan menerbitkan sebanyak 1.575 sertifikat tanah milik warga yang diajukan melalui program PTSL.

“Alhamdulillah dengan program PTSL warga sangat antusias dan merasa terbantu,” Jelas Kades Bareng.

Selain itu, Melalui Pamsimas untuk mengurangi dampak kekeringan air bersih di dusun Sumbergaleh, Desa Bareng Kecamatan sekar sangat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat pada saat musim kekeringan atau kemarau. Dan yang lebih menggebirakan masyarakat Adalah Program listrik di Dusun Kalimas, dusun Growok, Sumbersono, RT. 11 Krajan  dan Mbloke Dusun Sumbergaleh, Desa Bareng, yang saat ini sudah dirasakan dan tidak lagi gelap saat malam hari dan kesulitan dalam penerangan.

“Kami juga programkan Bantuan operasional  untuk jamaah Tahlil dan organisasi pemuda di Desa Bareng sebanyak 29 kelompok, yang mana program ini guna meningkatkan semangat dan juga potensi masyarakat berbagai kalangan,” Papar Suprapto.

Bantuan hibah untuk pembangunan masjid di dusun Sumbergaleh, Pembangunan tempat atau rumah adat biasa juga disebut punden di dusun krajan juga tak luput sasaran dari program pemerintah Desa bareng saat dipimpin oleh Suprapto, hal itu menurutnya harus dilakukan karena untuk pemerataan pembangunan dan potensi yang ada di Desa Bareng.

Apa yang sudah dijalankan ini memang masih ada kekurangan, namun demi memenuhi kekurangan tersebut dan menyempurnakan satu periode bukan waktu yang cukup dengan luas Desa Bareng yang sangat besar, sehingga oerlu menjadi kelanjutan dari apa yang sudah baik untuk menyempurnakan lebih baik lagi, “Maka dari itu atas kehendak masyarakat Bareng agar saya melanjutkan program pembangunan dan kesejahteraan yang sudah ada agar diteruskan sehingga saya harus mencalonkan kembali untuk meningkatkan progran Pemerintah Desa Bareng,” Terang Suprapto.

Menurut Suprapto, menjadi Kepala Desa adalah sebuah Perjuangan yang langsung harus diwujudkan kepada masyarakat bawah, karena Desa adalah pemerintahan yang paling rendah dan berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat secara langsung bukanlah hal yang dapat ditunda namun harus segera di selesaikan agar segera manfaatnya bisa di terima oleh Masyarakat.

Semua Program Desa Bareng yang sudah berjalan dan sudah dilaksanakan ini tidak lah lepas dari keterlibatan semua elemen masyarakat baik Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, dan yang lebih penting lagi adalah keterlibatan semua masyarakat.

“Karena tidak mungkin saya bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan semua pihak, kami sampaikan juga atas dukungan kerjasama selama ini dari masyarakat Desa Bareng dan juga pemerintah Desa, Kecamatan serta Pemkab Bojonegoro sehingga Desa Bareng bisa berubah menjadi lebih baik, dan tentu kedepan harus lebih baik lagi,” Papar Pria yang selalu murah senyum dan ramah ini.

Suprapto mengaskan, dengan dukungan semua masyarakat kedepan untuk menjadi Kepala Desa Bareng kembali, tentu akan bisa meneruskan progran yang lebih baik lagi demi kemajuan desa, Peningkatan Ekonomi dan kesejahteraan masyarakat bersama.

Berikut Misi dan Visi Suprapto Calon Kepala Desa Bareng, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro :

1. Meneruskan program pembangunan infrastruktur jalan lingkungan disemua Dusun di Desa Bareng.
2. Melayani semua kebutuhan masyarakat dalam hal kepengurusan kependudukan, kesehatan dll
3. Membangun sarana ibadah (Masjid/Mushola) secara berkesinambungan.
4. Memperbaiki sistem birokrasi lebih baik  yang berbasis IT dan Akuntabel.
5. Mencari sumber air lagi untk mengurangi dampak kekeringan di musim kemarau di wilayah Desa Bareng.

(Sas/Adv/Red)