Peringati HAB ke 74 Kemenag RI , MTs N 3 Bojonegoro Gelar Donor Darah

oleh -

Oleh : Said Edi Wibowo

SuaraBojonegoro.com – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTs Negeri 3 Bojonegoro bekerja sama dengan PMI Cabang Bojonegoro mengadakan kegiatan sosial donor darah, (11/01/2019).

Pengambilan darah, di acara donor dilakukan oleh dua orang petugas dari PMI. Bertempat di ruang perpustakaan madrasah setempat. Dimulai pada pukul delapan pagi hingga pukul duabelas siang.

Peserta dinir darah ini, selain dari guru dan karyawan madrasah setempat juga dari warga masyarakat sekitar. Salah satunya adalah kepala Desa Kepoh.

Kepala UKS MTs Negeri 3 Bojonegoro, Husnul Khotimah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka HAB Kemenag juga merupakan agenda rutin tiap dua bulan sekali. “Ini sudah berjalan sebanyak empat kali,” jelasnya.

Jadwal pelaksanaan donor, lanjut Bu Husnul, begitu sapaan akrabnya, ditentukan oleh pihak PMI. “Alhamdulillah, petugasnya berkenan datang ke madrasah,” imbuhnya.

Masih kata Bu Husnul, warga madrasah dan masyarakat cukup antusias. Hal itu dibuktikan meningkatnya peserta yang ikut donor, setiap periode selalu meningkat. Hari ini petugas berhasil mengumpulkan 24 kantong darah. Biasanya hanya maksimal 18 kantong. “Sebenarnya cukup banyak peserta yang akan mengikuti donor. Namun karena tidak memenuhi syarat, akhirnya tidak bisa donor,” tuturnya.

Sementara itu,Kepala MTs N 3 Bojonegoro , H. Juki mengatakan, kegiatan ini bertujuan menanamkan jiwa berkorban demi bangsa dan negara. Selain itu juga sebagai kegiatan kemanusiaan, menolong sesama dengan menyumbangkan darah bagi yang membutuhkan,.jelasnya.

Masih kata Juki, kegiatan ini juga merupakan sumbangsih MTs Negeri 3 Bojonegoro kepada sesama. Yang terpenting adalah memfasilitasi warga madrasah maupun warga masyarakat yang ingin sehat alami, pungkasnya.

Donor darah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat bagi kesehatan pendonor juga dapat membantu bagi orang yang sedang sakit dan membutuhkan darah.

Salah satu petugas dari PMI, Rochim Damar P, mengatakan salah satu syarat donor darah adalah sehat jasmani dan rohani. Selain itu, manfaatnya juga sangat banyak. Beberapa diantaranya  adalah cek kesehatan gratis. Bisa mendeteksi penyakit seerius sejak dini. Dan dapat menjaga kesehatan jantung, jelasnya.(Sew/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.