Polres Bojonegoro Tanam 4.800 Berbagai Jenis Pohon   Guna Cegah Bencana

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka mendukung program penghijauan merupakan bagian tindak lanjut dari program Kapolri. Yaitu Polri Peduli Penghijauan. Tujuannya untuk mengurangi dampak pemanasan global, banjir dan tanah longsor. Polres Bojonegoro menggelar aksi tanam pohon di areal bekas lapangan golf lahan milik Perhutani di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan ini mengambil tema “Polri Peduli Penghijauan” selain Polres Bojonegoro,  juga dihadiri Kodim 0813 Bojonegoro, Perhutani KPH Bojonegoro, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Bhayangkari Cabang Bojonegoro, elemen masyarakat dan Saka Bhayangkara.

Dalam sambutan, Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, bahwa kegiatan ini Polres Bojonegoro bekerja sama dengan stakeholder lainnya atas instruksi Kapolri dimana untuk mendukung program pemerintah. Dengan menanam pohon menjadi bentuk kepedulian Polri dalam mengantisipasi bencana banjir, tanah longsor dan pemanasan global.

“Kegiatan menanam pohon ini,  atas instrusiksi Kapolri dimana Polri Peduli Penghijauan.  Sebagian besar wilayah Bojonegoro adalah hutan, sehingga untuk mengantisipasi bencana baik banjir bandang, banjir, tanah longsor harus ada penahan dan resapan air,” jelas AKBP M Budi Hendrawan saat ditemui awak media.

Menurut Kapolres Bojonegoro, penanaman pohon untuk Polres Bojonegoro difokuskan di areal bekas lapangan golf lahan milik Perhutani di Desa Dander, sedangkan Polsek jajaran serentak juga melaksanakan penanaman pohon, total keseluruhan penanaman pohon sebanyak 4.800 pohon dari berbagai jenis, mulai dari pohon jati, trembesi, mahoni, sengon, sono, tabebuya, flamboyan, kelor, mangga, klengkeng, nangka, kelapa, dan jenis lainnya.

Harapan Kapolres Bojonegoro, setelah dilaksanakan penanaman pohon bisa diambil manfaatnya beberapa tahun kedepan sebagai resapan air, penahan longsor, sebagai berlindung, bisa juga sebagai tempat rekreasi. Kalau pohonnya produktif bisa diambil buahnya sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Mari kita rawat dan pelihara bersama sama sehingga bisa bermanfaat,” pungkas Kapolres Bojonegoro. (Lis/SBC)

No More Posts Available.

No more pages to load.