Inilah Yang Harus Diwaspadai Apabila Membeli Jajanan Yang Jarang Dicek Petugas

oleh -166 views

Reporter : Ahmad Fauzi

SuaraBojonegoro.com – Dinas ketahanan pangan Kabupaten memberikan Himbauan kepada Seluruh orang tua agar mengawasi apabila anak-anak membeli dan mengkonsumsi jajanan di pedagang maupun Di toko.

Rudianto Selaku kepala Bidang Ketersediaan bahan Pangan menyampaikan kepada Reporter Suarabojonegoro.com saat berkunjung Di kantin Sehat Di SMPN 4 Bojonegoro ada beberapa poin penting yang harus diketahui seluruh elemen masyarakat baik anak-anak maupun orang tua Mengenai beberapa jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya diantaranya adalah:

1. Rhodamin

Rhodamin B yaitu Sebuah jenis pewarna sintetis berbentuk Serbuk Kristal merah keunguan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar, Rhodamin B biasa Di gunakan Untuk industri Tekstil dan kertas , Rhodamin B dilarang Di gunakan untuk pewarna pangan.

2. Methanyl Yellow
Methanyl yellow atau kuning metanil adalah zat warna sintesis berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk padat atau serbuk yang di gunakan untuk Pewarna Tekstil  kain dan cat Methanyl yellow di larang di gunakan untuk pangan.

Bahaya dari penggunaan Rhodamin B dan Menthanyl Yellow ini biaa menyebabkan iritasi pada bibir dapat menyebabkan bibir pecah-pecah ,kering ,gatal bahkan bisa menyebabkan gangguan fungsi hati.

Biasanya kedua zat tersebut biasanya ada di makanan seperti kerupuk, Terasi, gulali, sirup berwarna merah.

Ciri-ciri mengenali penggunaan makan yang mengunakan kedua zat tersebut biasanya warna merah mencolok itu Rhodamin B atau kuning mencolok cenderung berpendar ini methanyl yellow.
Banyak memberikan titik- titik Warna tidak sama.

3. Formalin
Formalin sebuah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk , Biasanya formalin di gunakan untuk bahan pengawet pangan.

Disisi lain formalin juga sangat berbahaya apabila terkena kulit dapat menyebabkan luka bakar, reaksi alergi dan perut sakit saat menelan.

Ciri-ciri bahan pangan yang mengandung formalin diantaranya tidak lengket, lebih mengkilat, bau menyengat khas formalin, bertahan lebih dari satu hari pada suhu atau ruang kamar.

Biasanya makanan yang harus di waspadai adanya formalin yaitu mie basah, ikan asin, ikan segar, dan daging segar.

4. Boraks
Borak yaitu senyawa yang berbentuk kristal putih tidak berbau dan stabil pada suhu dan tekanan normal Boraks merupakan senyawa kimia dengan nama natrium tetraborat ( Nab4O_10H20) jika larut dalam air akan menjadi Hidroksida dan asam Borat ( H3BO3).

Bahaya dari Boraks juga sangat bahaya apabila terhiup , Mengenai kulit, mata, dan tertelan bisa mengakibatkan berupa iritasi pada saluran pernapasan, iritasi pada kulit dan mata.

Biasanya Boraks ada di makanan yang sering di temui mie basah, Bakso, Lontong, Cilok Dan Otak-otak.

Bentuk dan ciri makanan yang mengandung Boraks tekstur sangat kenyal,tidak lengket,tidak  mudah putus  dan Boraks biasanya juga terdapat Di kerupuk rambak dari tepung, gendar.

Di akhir pernyataan pers Rudianto mengajak seluruh masyarakat untuk selalu memilih makanan yang sehat dan apabila mengandung bahan berbahaya jangan Di konsumsi. (Fau/Red)