Pertamina EP Cepu Dilengkapi HSSE Mobile Demo Room

oleh -
oleh

Reporter : Team

SuaraBojonegoro.com  — Menyadari bahwa kegiatan hulu migas membutuhkan teknologi tinggi, modal besar, sumber daya manusia dengan kualitas baik, dan resiko tinggi terutama dalam aspek keselamatan pekerjanya, maka manajemen PT Pertamina Eskplorasi dan Produksi  Cepu (PEPC) dilengkapi dengan perangkat keras berupa  HSSE Mobile Demo Room PT Pertamina EP Cepu, Jum’at  (20/12/19).

Peresmian penggunaan perangkat ini dilakukan pada 20 Desember 2019 yang dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan PT Pertamina (Persero) dan PT PEPC. Mereka antara lain:  SVP Corporate HSSE Lelin Eprianto, Direktur Operasi PT Pertamina EP Cepu Achmad Zaidi, HSSE Manager PEPC Defrinaldo, perwakilan pekerja construction GPL-PL dan Drilling serta dari main contractor (PDSI dan ReKind).

“Mobile Demo Room merupakan sarana pembelajaran yang komprehensif terkait aspek keselamatan kerja untuk para pekerja, mitra kerja dan kontraktor. Mereka akan memperoleh gambaran secara langsung tentang sistem tata kerja dan tata kelola peralatan serta prosedur baku sesuai kaidah HSSE di industri minyak dan gas bumi agar dapat diimplementasikan secara tepat dan benar,” kata SVP Corporate HSSE, Lelin Eprianto.

Penegasan senada disampaikan Direktur Operasional PEPC, Achmad Zaidi. Dia mengatakan bahwa budaya HSSE harus melekat dalam perilaku kehidupan sehari-hari pekerja dalam menjalankan kerjanya di lapangan maupun aktifitas lain di luar lapangan operasi. “Kami berharap fasilitas terbaik ini dapat dimanfaatkan seluruh pekerja dan stakeholder yang berada di lingkungan PT PEPC dalam mendukung cita-cita perusahaan untuk mencapai zero accident,” katanya mengingatkan.

Menyadari dan memahami bahwa kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi merupakan aktifitas dengan tingkat resiko tinggi, khususnya dalam aspek keselamatan kerja. Karena itu, manajemen PEPC berupaya selalu menerapkan nilai-nilai  HSSE sebagai budaya dalam seluruh kegiatan operasi yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan HSSE Mobile Demo Room.

Secara factual, penggunaan fasilitas Mobile Demo Room PT Pertamina EP Cepu sudah dilakukan sejak Juni 2018, di mana perangkat berteknologi tinggi ini menjadi satu-satunya fasilitas dengan konsep mobile di seluruh unit operasi Pertamina dan telah memenuhi standarisasi fasilitas Demo Room dari HSSE Pertamina Korporat per tanggal 20 Desember 2019, sehingga menjadikannya  berstatus Go Live.

Secara spesifik, HSSE Mobile Demo Room PT Pertamina EP Cepu dilengkapi dengan ruang peragaan yang terdiri dari dua  ruang kelas yang berkapasitas 30 orang.  Fasilitas ini didirikan pada area Direksi Keet di Desa Ngasem, Kecamatan Bandung Rejo, Kabupaten Bojonegoro. HSSE Demo Room bertujuan untuk dapat memberikan edukasi dan pengenalan terhadap 12 elemen corporate life saving rules melalui mekanisme visualisasi dan pendengaran dalam bentuk alat peraga, video, poster dan formulir kerja.

“Kami bangga sekali PT PEPC begitu progressif membangun HSSE Mobile Demo Room sebagai role model untuk HSSE dan ini yang pertama untuk seluruh Pertamina. Selamat untuk HSSE Mobile Demo Room PT PEPC yang telah memenuhi standar korporat per tanggal 20 Des 2019, yang menjadikannya telah berstatus Go Live,” tambah SVP Corporate HSSE, Lelin Eprianto.

“Kami selaku pekerja di lapangan sangat senang sekali dengan adanya HSSE Mobile Demo Room, karena memberikan pengetahuan terkait 12 CLSR (Corporate Life Saving Rule). Dan kami bisa melihat secara langsung terkait elemen-elemen  tersebut yang sangat berguna bagi kami dalam melakukan pekerjaan sehari-hari di lapangan,” kata perwakilan pekerja GPF-PL & Drilling JTB Project di kesempatan yang sama. (Adv/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.