Rawan Tumbang Saat Musim Hujan, DLH Lakukan Pemangkasan Pohon

oleh -

Reporter : Bima Rahmat

SuaraBojonegoro.com – Memasuki awal musim penghujan di sertai angin kencang saat ini harus diwaspadai oleh para pengguna jalan. Selain penyempitan jalan dikarenakan banyaknya pembangunan khususnya pada trotoar mengakibatkan pepohonan rawan tumbang. Kamis (31/10/19).

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, menyatakan bahwa saat ini DLH Kabupaten Bojonegoro tengah melakukan pemangkasan untuk mencegah adanya pohon tumbang.

“Kami saat ini tengah melakukan pemangkasan pohon,” katanya.

Dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan SKPD yang telah melakukan kegiatan pembangunan trotoar. Apabila pohon-pohon yang berada di trotoar dirasa menganggu pekerjaan maka disarankan untuk dipotong.

Namun demikian dalam pemotongan tersebut haruslah ada kompensasi yakni satu pohon yang dipotong harus diganti sepuluh atau lima belas batang pohon.

“Itu untuk kompensasinya,” ujarnya.

Namun demikian dalam pemangkasan pohon yang dilakukan oleh DLH, dinilai lamban. Hal ini dikarenakan saat ini DLH hanya mempunyai satu kendaraan pemotong pohon. Saat ini DLH Kabupaten Bojonegoro memfokuskan pemangkasan di wilayah kota, namun tidak menuntut kemungkinan pemangkasan juga akan dilakukan di kecamatan atau desa.

“Kalau dirasa membahayakan ya ada perhatian khusus,” jelasnya.

Pada kesempatan ini dirinya berpesan agar masyarakat khususnya para pengguna jalan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan yang saat ini sedang dalam perbaikan.

“Dan jangan berteduh di bawah pohon saat hujan,” pungkasnya. (Bim/red).

No More Posts Available.

No more pages to load.