Mochlasin Afan Apresiasi Kirab Budaya Pencak Silat Sebagai Wujud Kebersamaan

oleh -
oleh

Reporter : Arum Sekar

SuaraBojonegoro.com – Pencak Silat merupakan warisan luhur budaya bangsa yang patut untuk dilestarikan dan terus dikembangkan di masyarakat sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa, karena pencak silat merupakan bagian dari sejarah bangsa di era penjajahan yang juga  sebagai sarana para pejuang untuk mengusir penjajah dari negeri ini.

Mochlasin Afan, Anggota Wakil rakyat di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bojonegoro sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pencak silat yang bertujuan untuk pengembangan budaya bangsa serta guna bisa menciptakan persatuan dan kesatuan di masyarakat khususnya antar warga pencak silat.

Dengan adanya BKP (Bojonegoro Kampung Pesilat) yang di prakarsai oleh Polres Bojonegoro guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat serta menyatukan warga pencak silat dari berbagai organisasi dan aliran, dengan diadakannya kirab budaya sabtu, 31 Agustus 2019 lalu, mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat Bojonegoro.

“Kebersamaan dalam perbedaan sabgat terlihat kental disaat itu, dari berbagai aliran perguruan pencak silat terwujud sebuah kerukunan, sehingga harus terus diciptakan guna meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang budaya serta Kamtibmas,” tutur Mochlasin Afan, Selasa (3/9/19).

Dengan keberadaan BKP, menurut Pria yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Bojonegoro ini banyak sisi positif yang telah terjadi di masyarakat, di berbagai pedesaan tampak guyub dan rukun para anggota pencak silat yang berbeda perguruan, seperti kerja bhakti bersama sama, dan melakukan pertunjukan atraksi seni serta kegiatan bersama sama.

Pemerintah juga perlu mengapresiasi kegiatan BKP ini karena bisa menjadi aset Budaya di Kabupaten Bojonegoro, jika pemerintah Bojonegoro peduli pasti akan banyak hal yang bisa dilakukan oleh organisasi Pencak Silat baik melalui BKP maupun IPSI nya.

“Pemkab harus peduli dengan pencak silat karena dengan kepedulian pemerintah nanti bisa menciptakan hal luar biasa seperti prestasi, budayanya, kerukunannya, serta kebersamaan dalam mendukung program pemerintah,” Lanjut Mochlasin Afan.

Pria yang juga ketua LDP Kumham ini juga akan berupaya membantu agar pencak silat di Bojonegoro bisa memberikan manfaat yang besar terhadap pemerintah dan masyarakat dengan menerima masukan serta aspirasi guna disampaikan dan diusulkan ke pemerintah,” Tegas Mochlasin Afan.

Pencak Silat telah banyak membantu masyarakat, terlebih dengan adanya BKP, yaitu membantu masyarakat dalan keamanan dan ketertiban dimasyarakat, dan diharapkan dengan kerukunan tercipta perdamaian untuk mengisi pembangunan di Bojonegoro. (Rum/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.