Pesilat Diharapkan Jadi Garda Keamanan Mulai Dari Akar Rumput

oleh -324 views

Reporter : Tata Monika

SuaraBojonegoro.com – Dengan adanya Bojonegoro BKP (Kampung Pesilat) yang sekarang menjadi kebanggaan masyarakat Bojonegoro dan menjadi wadah komunikasi, diskusi serta untuk berekspresi dalam bidang budaya pencak silat dan menciptakan guyub rukun antar warga pencak silat, sangat berdampak baik dimasyarakat untuk mengurangi perbedaan pendapat bahkan perselisihan di antara anggota Pencak silat.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Polres Bojonegoro untuk membentuk BKP ini sebagai wadah silaturahmi, dan memberikan rasa nyaman dimasyarakat. Sehingga Secara rutin polres Bojonegoro melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh organisasi pencak silat yang ada di Bojonegoro.

“Dengan Adanya BKP akan menambah suasana guyub, namun selain itu Pesilat Juga merupakan bagian jadi garda pengamanan ditingkat bawah,” Kata Kasat Binmas Polres Bojonegoro, AKP Sujono.

Menurut AKP Sujono, Jumlah anggota Pencak Silat yang sangat banyak dan rata rata hampir ada disetiap Desa ini merupakan bagian dari kebanggaan tersendiri, namun juga harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dengan menjadikan kondisi wilayah lebih aman dan tentram.

“Minimal para anggita silat ini mampu memberikan kenyamanan bagi dirinya dan masyarakat disekitarnya dari gangguan keamanan dan ketertiban Masyarakat,” Tambahnya.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadlu yang juga sebagai Pembina BKP Menyampaikan rasa terima kasih juga kepada seluruh anggota dan pengurus BKP yang membantu pelaksanaan tugas tugas kepolisian untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah Kabupaten Bojonegoro, dengan adanya BKP diharapkan akan terus menciptakan Bojonegoro kondusif, nyaman, dan aman.

“Peran yang sangat berarti selalu diharapkan dari Pesilat pesilat di Bojonegoro untuk terus bersama smaa menjaga Bojonegoro dari gangguan Kamtibmas,” Terang AKBP Ary Fadli.

Selain itu, Pesilat harus juga menjadi garda terdepan untuk menciptakan rasa aman dan juga kerukunan antar masyarakat dari semua adanya perselisihan, beda pendapat dab bahkan gesekan, sehingga Bojonegoro akan menjadi aman dari gangguan apapun yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat. (Nik/Lis)