Beras Indonesia Mendunia dan Berinovasi

oleh -
oleh

Oleh : Rakha Fauz Athaya Rosidi
(Universitas Muhammadiyah Malang) 

Beras produk Indonesia semakin membaik, Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan alasan dibalik keputusan impor beras sebesar 2 juta ton yang diberikan pemerintah kepada Perum Bulog, meski data produksi beras dalam menunjukan ada surplus sebesar 2,85 juta ton.

 

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan,  meski beras dalam posisi surplus, dia memiliki sejumlah catatan terkait ketersediaannya yang menyebar di masyarakat, sehingga sulit dikelola langsung oleh pemerintah. Mengacu pada Survei Kajian Cadangan Beras (SKCB) tahun 2015 tentang rincian penyebaran beras  nasional menunjukan bahwa sebanyak 44% sebaran beras berada di rumah tangga produsen dan hanya  3% di rumah tangga konsumen.

 

Adapun sebagian besar sisanya tersebar di penggilingan, hotel dan restoran, serta Bulog. Masih menurut survei tersebut, jumlah rumah tangga produsen secara nasional ada 14,1 juta rumah tangga. Alhasil, penyebaran beras per tahun untuk 1,25 juta ton rumah tangga produsen hanya terdapat surplus 7,5 kilogram per bulan. Bulog yang memiliki pasokan tidak sampai 10% dalam total produksi pun menjadi andalan pemerintah dalam kegiatan intervensi pasokan. Terlebih situasi beras pada Oktober, November, Desember, dan Januari yang berada posisi defisit.

BPS mencatat potensi produksi beras kuartal 2018 hanya akan mencapai 3,94 juta ton dengan perkiraan konsumsi sebanyak 7,45 juta ton. Sehingga, BPS menduga akan ada defisit neraca beras sebesar 3,51 juta ton pada tiga bulan terakhir 2018. Secara rinci dia mencatat, luas panen pada Oktober sebesar 527 ribu ton dengan produksi beras 1,52 juta ton; luas panen pada November 410 ribu hektare dengan produksi 1,20 juta ton; serta luas panen Desember 431 ribu ton dengan produksi 1,22 juta ton.

Cara apa yang paling efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi beras negara Indonesia? Menurut saya cara yang efektif adalah Mengembangkan teknologi di dalam bidang pertanian lebih bagus lagi, supaya produksi beras terjaga, dan setiap tahunnya mengalami kenaikan produksi / surplus, lalu apa yang menyebabkan produksi beras menurun? Lemahnya kesadaran masyarakat & bisa diakibatkan oleh cuasa yang tidak menentu, contohnya mengambil lahan pertanian untuk dibangun perumahan dan hujan trus menerus, dll.

 

Buruh Tani :
buruh tani mahasiswa rakyat miskin kota
bersatu padu rebut demokrasi
gegap gempita dalam satu suara
demi tugas suci yang mulia
hari hari esok adalah milik kita
terciptanya masyarakat sejahtera
terbentuknya tatanan masyarakat
indonesia baru tanpa orba
marilah kawan mari kita kabarkan
di tangan kita tergenggam arah bangsa
marilah kawan mari kita nyanyikan
sebuah lagu tentang pembebasan
di bawah kuasa tirani
kususuri garis jalan ini
berjuta kali turun aksi
bagiku satu langkah pasti
berjuta kali turun aksi
bagiku satu langkah pasti
bagiku satu langkah pasti

Dari kutipan lagu tersebut dapat diartikan bahwa petani sekarang menjadi pahlawan yang harus kita hargai jasanya. Bagaimana tidak jika tidak ada petani akankah kita sampai hari ini masih bisa makan beras dengan enak, tanpa kita tahu bagaimana nasib petani yang harus berjuang demi memenuhi kebetuhan yang kita konsumsi, kita sebagai rakyat Indonesia harus menghargai jasa petani dengan baik, sampai saat ini kesejahteraan petani menurut saya masih kurang memadai.

 

Penderita diabetes melitus umumnya mengurangi makan nasi dan menggantinya dengan umbi-umbian karena beras dianggap pangan ber-indeks Glikemik (IG) tinggi. Jika dikonsumsi, beras biasa dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Inovasi yang dihasilkan oleh Sri Widowati dari Balai Besar Pascapanen, Balitbang Pertanian ini dapat mengubah gabah menjadi beras ber-IG rendah dengan proses teknologi pratanak yang unik. Melalui proses pratanak ini, tingkat kandungan vitamin (B1,B2,B3,B6), mineral (Mg, Ca, K, Na, Fe, Zn), amilosa dan serat pangan dalam beras meningkat, namun kadar gula, daya cerna pati, dan IG menurun. Dengan mengonsumsi beras IG rendah (IGr) secara teratur maka kadar gula darah dapat diturunkan dan dikendalikan.

 

Tingginya konsumsi nasi masyarakat Indonesia menyebabkan tingginya impor beras. Inovasi yang dihasilkan oleh Direktorat Riset dan Inovasi IPB ini berupa beras tiruan (analog), diharapkan dapat membantu mengurangi volume impor beras yang tinggi tersebut. Cita rasa beras ini tidak kalah dengan beras biasa, memiliki bentuk butiran yang mirip dan dapat ditanak menggunakan rice cooker maupun tanak nasi biasa sehingga tidak merubah kebiasaan. Beras ini diformulasikan dari bahan-bahan lokal Indonesia dan tidak dihasilkan dari tanaman padi, sehingga diharapkan dapat mengurangi besarnya konsumsi beras padi, diantaranya tepung umbi dan kacang-kacangan, serta difortifikasi dengan vitamin, mineral dan serat. Komposisi gizi beras analog yang baik dan indeks glikemik yang lebih rendah membuat beras ini baik dikonsumsi sebagai pangan fungsional.

 

Salah satu beras terbaik ialah beras merah karena beras merah mengandung lebih banyak serat daripada gula. Beras merah ini bisa membuat menu diet sehari-hari. Beras merah sangat baik untuk dikonsumsi, kandungan serat yang bermanfaat bagi tubuh sering digunakan dalam makanan. Karenaberas merah merupakan karbohidrat kompleks lebih baik dari nasi putih.

Manfaat beras merah untuk kecantikan wajah yang pertama adalah mampu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak. Perawatan wajah menggunakan beras merah memang cenderung direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan kombinasi yang cenderung berminyak.Kandungan dalam beras merah akan membantu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras merah akan mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.
Khasiat beras merah selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Scrub beras merah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga sisa kotoran di wajah. Hasilnya wajah akan menjadi lebih cerah dan juga terhindar dari kulit kusam. Selain itu, scrub beras merah juga akan membantu untuk mengangkat komedo yang ada di wajah. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.