Inilah Festival Nyethe Bagi Pecinta Kopi, Pertama Di Bojonegoro

oleh -
oleh

SuaraBojonegoro.com – Komunitas pecinta kopi di Bojonegoro Jawa Timur, yang menaman dirinya Komunitas ANGOP (Ayo Ngopi) dalam waktu dekat akan menggelar festival menarik yang menjadi salah satu agenda langka, bahkan bisa yang pertama kali di Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan spektakuler sebagai ajang kreasi dan inovasi ampas kopi itu dikemas dalam “Lomba Nyethe, Ngopi Bareng dan Live Musik”. Cara membuat kopi hijau

Kegiatan bertajuk ‘Festival Nyethe’ akan di selenggarakan di halaman gedung pusat pengembangan Industri Kreatif (PPIK) Jl. Veteran Bojonegoro, pada hari sabtu tanggal 15 Desember 2018 mendatang.

Kegiatan ini baru ada pertama kali diadakan di Bojonegoro, pesertanya umum tidak hanya untuk pecinta kopi yang ada di Kabupaten Bojonegoro namun juga Jawa timur dan Indonesia.

Tujuannya untuk melestarikan seni budaya dan alam, juga merekatkan persaudaraan antar pemuda yang kritis dan nyeni.

Menurut Shohib, selaku ketua panitia acara ini mengatakan, kegiatan ini adalah keprihatinan perilaku pemuda era kini yang mulai bersikap pragmatis, instan, karena kebanyakan mengonsumsi media sosial atau internet tanpa ada filterisasi. Akibatnya, mereka lupa, tidak memikirkan seninya berproses untuk hasil karya seni yang nyeni dan bermanfaat. budaya corat-coret yang selama ini dikonotasikan negatif, harus dipermak menarik dan dibuktikan bahwa corat-coret adalah bagian dari aktivitas seni. Ungkapnya kepada SuaraBojonegoro.com.

Dan juga untuk memperkenalkan kekayaan bangsa, suatu kebiasaan yang sudah melekat kepada penikmat kopi, yakni budaya seni nyethe, atau orang Bojonegoro biasa menyebutnya dengan “bolot”.

Selain itu, agenda ini juga bagian dari promosi batik khas Kabupaten Bojonegoro. Sebab, Bojonegoro memiliki khazanah budaya berupa batik Jonegoroan.

Untuk pendaftarannya, Rp. 15.000. Itu untuk peserta dapat secangkir kopi, 2 batang rokok, serta peralatan untuk nyethe. Untuk motifnya bebas dan durasi membatik rokok sekitar 2,5 jam.

Dalam kegiatan ini, akan dimeriahkan pula dengan pertunjukan musik akustik dari Hey Rocky Brother, dan Stand Up Comedy, serta ada pula diskusi tentang kopi, dengan. Narasumber Dongeng Kopi dari Yogyakarta. Sehingga bagi yang tdak ikut lomba nyethe, bisa ngopi bareng, ngobrol bareng, nongkrong bareng, dan diskusi bareng, dengan hiburan musik akustik. (SB/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.