Inilah Tradisi “Udek” Di Turi Gede Saat Sedekah Bumi

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Beda daerah, beda tradisi, dan setiap daerah mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan dan mengaktualisasikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pencipta yaitu melalui sedekah bumi yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan suro pada umumnya. Ada tradisi unik, pada acara Sedekah Bumi di pepunden Dusun Turigede Desa Turigede Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro yang dilaksanakan pada hari ini (07/10) yakni tradisi UDEK yaitu tradisi melemparkan uang recehan dan diperebutkan orang banyak.

Menurut Ki Cokro, sesepuh desa setempat mengatakan bahwa tradisi ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya pada acara sedekah bumi, yang mana hal ini merupakan bentuk rasa syukur warga desa kepada Tuhan Yang Maha Agung sebagai pencipta alam semesta dan bentuk interaksi sosial masyarakat setempat. Setelah UDEK ini nanti akan dilaksanakan makan bersama atau manganan yang makanannya diperebutkan juga oleh warga masyarakat.

Dalam Kesempatan itu Wakil Bupati Bojonegoro Drs. H. Budi Irawanto, M.Pd yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa tradisi seperti ini harus dipertahankan sebagai Budaya kearifan lokal yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan, jadi tradisi ini tidak usah jadi perdebatan lagi, ungkapnya. (SB/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.