Karena Pancasila, Indonesia Utuh

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, SH., MH. menjelaskan bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersyukur karena Indonesia memiliki dasar negara Pancasila. Hal itu Abidin Sampaikan pada agenda Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Genjor, Sugihwaras, Bojonegoro, Senin (20/08/2018)

“Pancasila telah terbukti mampu menjadi perekat bangsa Indonesia yang multi etnis dan multi agama,” Papar Abidin di hadapan ratusan masyarakat desa Genjor.

Bertempat di Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Huda
Abidin mengungkapkan bahwa tidak semua negara mampu merumuskan dasar negaranya seperti Indonesia. Ia memberi contoh India yang merdeka pada 1947. Negara yang tersohor dengan film Bollywood itu mengalami perpecahan dan perang saudara lantaran terdapat perbedaan soal dasar negara.

“Mayoritas umat bergama Hindu memilih menjadi India, dan yang muslim menjadi Pakistan, selanjutnya karena perbedaan bahasa, bahasa Urdu dan bahasa Bangli, mayoritas bahasa Bangli menjadi negara Bangladesh. Kemudian karena sengketa wilayah maka terjadi pergolakan di daerah Kashmir,” jelas Abidin.

“Hal ini patut kita syukur karena Indonesia tidak mengalami apa yang terjadi di India, Bangladesh, Pakistan dan Kashmir. Karena kita mampu merumuskan dasar negara seperti yang disampaikan pada Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yaitu Pancasila yang memuat lima prinsip dasar Indonesia Merdeka, yaitu Kebangsaan, Perikemanusiaan, Mufakat/Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Berkebudayaan, ini sama dengan Pancasila yang kita kenal sekarang,” lanjut Abidin.

Di akhir sesi pemaparan Ia menegaskan, prinsip Pancasila bukan terletak pada urutan sila-sila tersebut. Lebih dari itu, lima prinsip dalam Pancasila itu yang menjadi prinsip dasar Indonesia merdeka, dimana Indonesia merdeka bukan untuk satu golongan semata, tapi satu buat semua, semua buat satu. (Rum/Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.