Cara Memakai Masker Rambut Sendiri di Rumah dengan Benar

oleh -

Orang-orang melakukan aktivitasnya masing-masing setiap harinya. Ada yang bekerja, sekolah, ibu rumah tangga, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Semua aktivitas itu memaksa kita untuk keramas, mengeringkan rambut dengan cepat, hingga men-styling rambut setiap harinya. Hal-hal tersebut dapat membuat rambut kehilangan kelembaban dan kilau alaminya.

Salah satu cara untuk membuat rambut kembali sehat dan terlihat indah adalah dengan melakukan perawatan masker rambut. Dengan rutin maskeran, rambut Anda dapat terobati dari masalah rambut kusam, kering, pecah-pecah, bercabang dan juga rontok.

Cara kerja masker rambut adalah menutrisi dan memperbaiki rambut, mulai dari akar hingga ujung helaiannya. Saat ini sudah banyak masker rambut di pasaran yang memungkinkan Anda melakukan masker rambut sendiri di rumah. Atau, Anda bisa juga membuat masker rambut sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah.

Apa pun masker rambutnya, berikut ini akan Bacaterus bagikan cara memakai masker rambut yang benar. Yuk, disimak!

 

Cara Memakai Masker Rambut Yang Benar

1. Keramas

 

Langkah pertama dalam cara memakai masker rambut adalah dengan keramas. Rambut Anda harus dalam keadaan bersih sebelum melakukan perawatan apa pun. Maka dari itu, cuci rambut lah seperti biasa.

2. Pakai Kondisioner

Mungkin Anda berpikir karena akan maskeran, maka Anda tidak memerlukan kondisioner. Padahal, penggunaan kondisioner rambut tetap dibutuhkan. Anda bisa membaca cara menggunakan conditioner di artikel ini.

3. Bilas dengan Air Dingin

 

Ada beberapa orang yang berpikir kalau membasuh rambut menggunakan air hangat adalah hal yang baik. Memang, beberapa treatment membutuhkan air hangat untuk membilas, seperti setelah Anda melakukan proses cat rambut atau proses styling lainnya. Namun, untuk melakukan pembilasan saat keramas sehari-hari, air hangat tidak baik untuk rambut.

Air hangat dapat memicu kerontokan rambut dan beberapa masalah lainnya. Yang paling tepat adalah dengan menggunakan air dingin saat keramas, bilas, kondisioner dan pembilasan lagi. Air dingin dapat merapatkan pori-pori sehingga akar rambut menjadi lebih kokoh. Nutrisi yang didapat dari shampo dan kondisioner pun akan meresap dengan baik ke dalam kulit jika Anda menggunakan air dingin.

Setelah dibilas, keringkan rambut Anda, tapi jangan sampai benar-benar kering. Mungkin lebih tepat kalau dibilang ‘peras’ rambut Anda sampai tidak ada lagi air yang menetes. Setelah itu, barulah Anda siap untuk maskeran.

4. Kulit Kepala

 

Berbeda dengan kondisioner yang hanya digunakan pada ujung rambut, masker rambut harus diaplikasikan pada seluruh kepala Anda. Mulai dari akar, lalu hingga ujung rambut, semuanya harus terkena masker rambut.

Karena, fungsi masker rambut memang untuk menutrisi akar rambut, agar rambut jadi lebih kuat dan sehat. Jangan lupa beri pijatan ringan saat Anda mengaplikasikan masker rambut. Setelah memijat kepala, Anda bisa menggulung rambut Anda ke atas atau bisa juga menyisir rapi rambut Anda.

Berbeda dengan creambath, rambut Anda tidak perlu ditutup dengan handuk panas sambil menunggu masker meresap ke dalam rambut. Tapi, itu semua kembali lagi kepada Anda, karena jika Anda ingin membungkus rambut dengan handuk panas pun boleh-boleh saja. Anda bisa membilas masker rambut setelah 10 – 30 menit.

5. Bilas

 

Nah, untuk pembilasan setelah maskeran ada beberapa pendapat. Ada yang mengatakan boleh menggunakan air hangat, dan ada juga yang mengatakan sebaiknya pakai air dingin saja. Sebenarnya air hangat diperlukan jika masker yang Anda gunakan benar-benar menempel dan menjadi kering di rambut. Air hangat dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pembilasan.

Namun, jika masker rambut Anda teksturnya tetap lembut dan tidak mengeras di rambut, sebaiknya pakai air dingin saja. Yang harus diperhatikan adalah, rambut Anda harus benar-benar bersih dalam proses pembilasan. Karena, masker rambut yang tertinggal dapat menimbulkan rasa gatal bahkan ketombe. Anda tidak mau, kan, bukannya mendapatkan rambut yang indah malah jadi ketombean?

Ya, itu lah langkah dan cara memakai masker rambut sendiri di rumah. Oh, iya, jangan terlalu sering maskeran, ya! Cukup maksimal satu kali seminggu saja Anda melakukan masker rambut. Apakah Anda punya langkah sendiri atau tips lainnya untuk maskeran rambut di rumah?

 

sUMBER: https://bacaterus.com/cara-memakai-masker-rambut/

No More Posts Available.

No more pages to load.