Ratusan Karyawan dan Kontraktor EMCL Upacara Bendera di Lapangan Banyu Urip

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Ratusan karyawan dan Kontraktor ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mengikuti upacara bendera di lingkungan Lapangan minyak dan gas bumi Banyu Urip Blok Cepu, Jumat (17/8/2018). Upacara dipimpin oleh Kepala Divisi Perencanaan Ekploitasi SKK Migas, Wahyu Wibowo.

Para karyawan nampak khidmat dalam mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi tersebut. Mulai pukul 8.30 WIB mereka sudah menyiapkan barisan meski upacara dimulai pukul 9.00 WIB.

“Kita adalah pekerja migas yang mengemban amanah untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” ucap Wahyu di depan peserta upacara.

Wahyu yang membacakan sambutan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mampu meningkatkan semangat nasionalisme para karyawan dan kontraktor. Pekikan kemerdekaan menggelegar dari semangat mereka. “Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

Semangat persatuan, kerukunan kebangsaaan, dan nasionalisme, kata Wahyu, adalah aset terbesar bangsa dalam menjaga ketahanan nasional. Dia juga menjelaskan bahwa peranan industri hulu migas dalam hal ini menjaga ketahanan energi yang merupakan bagian penting dalam membentuk ketahanan nasional.

“Ketersediaan energi nasional dari migas sangat tergantung dari kemampuan memproduksikan migas itu sendiri,” ucapnya.

Wahyu memaparkan, Pada semester pertama tahun ini, rata-rata lifting minyak bumi telah mencapai 771 ribu barel per hari (bopd). Sedangkan lifting gas bumi mencapai 1 juta 152 ribu setara barel minyak per hari (boepd). Sehingga total pencapaian lifting migas Indonesia semester pertama mencapai 1 juta 923 ribu boepd atau 96% dari target APBN 2018.

“Capaian tersebut lebih besar dari capaian semester satu tahun lalu yang baru mencapai 92% dari target APBN,” imbuhnya.

Ke depannya, lanjut Wahyu, hingga tahun 2025, industri hulu migas masih memiliki sedikitnya 19 proyek utama hulu migas, yang masih berjalan, dan akan menarik investasi hulu migas hingga US$ 19 Milyar, dan berkontribusi menambah produksi hingga 650 ribu ribu setara barel minyak per hari (boepd).

“Hal ini menjadi bukti bahwa industri hulu migas masih terus berkelanjutan, dan perlu untuk terus ditingkatkan,” tegasnya.

Semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap negeri tercinta, juga ditunjukkan pleh karyawan yang bekerja di Kapal Alir Muat Terapung (FSO) Gagak Rimang. Meski sedang sibuk dengan jadwal lifting yang padat, para karyawan dan kontraktor sangat bersemangat mengikuti upacara bendera. Sejak pukul 06.00 WIB, di tengah laut Tuban, mereka sudah berbaris menghadap tiang bendera.

Upacara dipimpin oleh Deck Operation Supervisor, Marcello L Pattihahuan. Sedangkan proklamasi dibacakan oleh Sukarno Dedi Nugroho. “Sengaja kita menunjuk Pak Sukarno membaca teks proklamasi agar kami semakin menjiwai 17 Agustus hari Jumat ini serasa tahun 1945,” ucap Marcello menggebu-gebu.

Saat pidato, Marcello mengingatkan peserta upacara ke masa detik-detik proklamasi yang persis terjadi di Hari Jumat Pukul 10.00 WIB. Dia membawa semangat di Jalan Pegangsaan Timur 56, 73 tahun yang lalu itu ke atas dek kapal penampungan minyak dari Lapangan Banyu Urip itu.

Hadir pula di sana perwakilan Divisi Karantina Kementrian Kesehatan, Port Authority, bea cukai, dan SKK Migas. Upacara

“Kami ingin menujukkan bahwa proyek negara ini adalah kebanggaan bangsa, milik kita bersama,” pungkas Marcello. (lis/yud)

No More Posts Available.

No more pages to load.