Abidin Fikri Ajak Rawat Ke Bhinekaan Dan Persatuan Bangsa

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – “Keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan berkah dari Allah SWT, maka dari itu kita sebagai anak-anak bangsa memiliki tugas dan tanggung jawab merawat kebhinekaan itu, agar Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, besar dan merdeka,” papar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tuban, Abu Cholifah saat agenda Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban, Rabu (25/04/2018).

Di hadapan ratusan masyarakat desa Mentoso, Anggota DPRD Tuban itu menerangkan bahwa ide persatuan nasional kita didasarkan oleh Pancasila yang dapat membawa kita kepada cita-cita nasional. “Maka dari itu mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila itu dalam praktek kehidupan sehari-hari,” Ujar Abu.

Sementara itu Abidin Fikri, Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI mengatakan bahwa Pancasila telah teruji dapat menjadi dasar yang mempersatukan serta mengutuhkan negara kita. “Penggali Pancasila, yaitu Bung Karno menyampaikan gagasannya di hadapan sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 yang agendanya membahas dasar negara. Bung Karno menyampaikan lima prinsip dasar falsafah Indonesia merdeka yaitu Pancasila,” jelas Abidin.

“Sebagaimana disampaikan Bung Karno, dasar Negara yang kita butuhkan ialah pertama, harus satu dasar yang mempersatukan. Kedua, satu dasar yang memberi arah bagi perikehidupan Negara kita itu. Katakanlah dasar statis, di atas mana kita bisa hidup bersatu dan dasar dinamis ke arah kita harus berjalan, juga sebagai Negara,” Papar Abidin.

Menurut Abidin, kini tugas dan tanggung jawab kita adalah, bagaimana persatuan dan kesatuan menjadi suasana batin yang hidup dalam bermasyarakat dan kita semua harus mencegah upaya memecah-belah bangsa yang merugikan rakyat. Karena hanya dalam suasana persatuanlah kita dapat membangun tatanan masyarakat adil dan makmur. (lis*)

No More Posts Available.

No more pages to load.