Memaknai Kartini dengan Berbuat Baik Bersama Masyarakat

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Ada yang berbeda dengan kegiatan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Plt Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, jika biasanya peserta memakai seragam PKK kali ini tampilan ibu ibu ketua Tim Penggerak PKK Desa tampil dengan menggunakan baju kebaya nasional. Kamis (19/04/18). Selain kunker, juga digelar peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap bulan April.

Pada peringatan Hari Kartini ini Plt Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten mendatangi para wanita lanjut usia dengan memberikan bantuan paket sembako untuk 10 lansia yang berada di Desa Krangkong. Kemudian menyapa keluarga yang memiliki Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk menyerahkan tali asih dari Pj Bupati Bojonegoro.

Dihadapan keluaraga Plt Ketua Tim Penggerak PKK mendengarkan kesulitan yang dihadapi salah satunya tidak memiliki jaminan kesehatan agar bisa dimanfaatkan untuk berobat. Kepada Kepala Dinas Sosial, Pemkab Bojonegoro Hilmi Elizabetb menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti bagi keluarha miskin yang tidak tervover jaminan kesehatan.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro menyapa dua keluarga yang merawat ODGJ, kepada pihak Keluarga hal utama yang ditekankan adalah bagaimana perlakukan kepada pasien ODGJ, jangan sampai ODGJ ini dipasung atau dirantai. “Perhatian keluarga adalah modal utama, bebas pasung harus benar-benar dilakukan,” katanya.

Serta kepedulian orang disekitar baik perangkat desa maupun tenaga medis juga dibutuhkan. “Kehadiran kita ditengah mereka mutlak dibutuhkan,” uajrnya.

Plt Ketua Tim Penggerak PKK didampingi Kepala Dinas Sosial, Camat Kepohbaru beserta istri, Kepala Puskesmas wilayab Kepohbaru bersama tenaga medis dan Anggota Tim Pemggerak PKK mulai Sekertaris, Bendahara, Pokja I sampai dengan Pokja IV.

Laporan Ketua TP PKK Kecamatan Kepohbaru, Ibu Siti Sulaicha Gunardi dalam laporannya menjelaskan, momentum kali ini tak sekedar acara kunjungan kerja namun dirangkaikan dengan peringatan Hari Kartini. Kegiatan PKK mengacu pada 10 program pokok PKK , kegiatan yang dilakukan mulai bidang keagamaan, kadarkum, penyuluhan pola asuh anak balita dan lansia.

Pelaksanaan Rumah Pintar, posyandu lansia. Bidang Pokja II ada taman posyandu terintegrasi, TBM ,penggunaan KPS balita, Ibu hamil dan lansia. Pojka III meliputi sosialisasi dan penyuluhan, B2SA, Intap, KSBP, Gemarikan dan lain sebagainya. Untuk Pokja IV menyasar kesehatan, kegiatan posyandu, serta sosialisasi tentang masalah kesehatan.

Sementara itu Plt Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Ibu Narty Suprianto, SE dalam kesempatan ini mengingatkan tentang pentingnya membangun keluarga yang sehat dan harmonis. Ditegaskan fokus kunjungan juga mengetahui tentang kondisi balita khusunya penanganan kasus balita gizi kurang dan gizi buruk sehingga anak anak kita bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

“Terkait dengan program PKK yang sudah dilaporkan tadi agar tetap dijalankan dengan baik,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, juga ada pembacaan puisi oleh Ibu Ketua TP PKK Desa Kepoh dan Desa Cengkir serta penyerahan hadiah lomba penampilan busana terbaik yang diserahkan oleh Ibu Plt Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro. (*/yud)

No More Posts Available.

No more pages to load.