LPPM Unigoro Kunjungi Panen Raya Petani di Mojodelik

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro, Minggu (25/03) pagi tadi mengunjungi petani peserta program Sekolah Lapang Pertanian yang sedang panen raya di Dukuh Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

Panen raya tersebut adalah yang terakhir dari total peserta yang mengikuti program Sekolah Lapang Pertanian dari Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) dan LPPM Unigoro.

Dalam kunjungan tim hari ini, dihadiri langsung oleh ketua LPPM Universitas Bojonegoro, Laily Agustina Rahmawati, S.Si., M.Sc., dan perwakilan dari EMCL, Ichwan Arifin.

“Ini merupakan panen raya yang terakhir dari petani program Sekolah Lapang Pertanian yang kita dampingi bersama EMCL di Kecamatan Gayam, Alhamdulillah hasilnya bagus,” ujar Laily yang juga merupakan dosen Fakultas Pertanian Unigoro.

Ia menjelaskan, program pendampingan yang dilakukan untuk petani di empat desa memiliki dampak yang bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat.

Selain meningkatkan kualitas dari padi juga dapat mengedukasi petani untuk mengubah cara tanam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Padi hasil pertanian yang panen hampir seluruhnya menunjukkan hal yang bagus, warnanya kuning keemasan dan daun batangnya berwarna hijau, menandakan tanaman sehat dan berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu dari perwakilan EMCL sendiri mengapresiasi kerja keras dan antusias dari petani dalam mengikuti program Sekolah Lapang Pertanian selama ini.

Pihaknya berharap program yang telah diberikan dapat membantu petani untuk lebih sejahtera dan bermanfaat bagi seluruh petani di Kecamatan Gayam.

“Kami berharap program yang telah dijalankan dapat memberi manfaat nyata bagi para petani di Gayam, tentu agar dapat lebih sejahtera,” terangnya.

LPPM Universitas Bojonegoro aktif melakukan pendampingan kepada para petani dan taruna tani yang ada di Desa Mojodelik, Brabowan, Bonorejo dan Gayam, Kecamatan Gayam dalam program Sekolah Lapang Pertanian, yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan ilmu pertanian bagi para petani.

Pendampingan yang dilakukan LPPM Unigoro mulai dari tahap proses awal, pemeliharaan hingga panen dengan tujuan hasil pertanian yang berkualitas. (*/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.