Dengan Internet Gratis Warga Bisa Melek TI

oleh -
oleh
Sumber www.google.com

SUARABOJONEGORO.COM – Belum semua desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki jaringan internet gratis yang bisa diakses oleh warganya. Kalau pun ada internet gratis terdapat di balai desa, dan jaringannya sering lemot.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gayam, Warsito, mengaku, sudah ada internet gratis di balai desa setempat. Semua warga bisa menggunakannya, meskipun jaringannya terkadang lemot jika digunakan banyak orang.

“Perangkat desa atau warga ya dapatnya di situ. Tapi kalau dipakai dua sampai tiga orang sudah lemot,” imbuhnya.

Karena itu dirinya setuju jika ada pembangunan internet gratis di sejumlah tempat publik di desanya. Menurut Warsito, ada beberapa lokasi yang pas jika akan dipasang wifi gratis, seperti di sekitar Pasar Gayam, sekolah, puskesmas, atau fasilitas umum lainnya yang digunakan perkumpulan warga.

“Di sana banyak orang, dan tentu bisa memanfaatkan wifi gratis ini untuk menunjang kebutuhan mereka,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada Bupati Bojonegoro terpilih mendatang agar mewujudkan masyarakat yang melek internet. Tidak hanya melakukan pemasangan wifi gratis saja, tapi juga bagaimana agar wifi ini bermanfaat bagi pemakainya.

“Harus dibatasi konten kontennya agar tidak salah gunakan. sembarangan menggunakan internet. Karena itu warga juga harus dipahamkan manfaatnya juga,” tandasnya.

Sementara, Ketua BPD Ngadiluweh, Kecamatan Ngasem, Jalal Suyudi, mengatakan, selama ini belum ada jaringan internet gratis di desanya. Masyarakat atau perangkat desa menggunakan jaringan dari provider.

“Sangat setuju sekali kalau ada pembangunan wifi gratis di desa kami,” ungkapnya.

Banyak lokasi strategis yang bisa dipasang wifi gratis di Desa Ngadiluweh, diantaranya Balai Desa, Poskamling, Posyandu, dan lokasi yang merupakan fasilitas umum lainnya.

“Kalau dipasang di lokasi fasilitas umum, kan bisa dimanfaatkan warga secara keseluruhan,” imbuhnya.

Dengan wifi gratis ini pihaknya optimis warga bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkini yang berkaitan dengan apa saja. Baik itu bidang kesehatan, pendidikan, pembangunan di kabupaten Bojonegoro, dan lain sebagainya.

“Ya sangat bermanfaat sekali. Kita bisa benar-benar belajar Informasi berbasis tekhnologi,” tandasnya.

Pihaknya berharap kepada Bupati terpilih mendatang bisa benar-benar memberikan internet gratis pada warga. Selain itu, memberikan pelatihan dan pendampingan bagi warga untuk bisa menggunakan internet dengan baik dan benar.

“Misalnya saja sekelompok anak muda, dididik pakai internet untuk membuat web, blog, dan sebagainya yang bersifat positif,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Calon Bupati (Cabup) Soehadi Moeljono, menyatakan, program internet gratis ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan desa cerdas di Bojonegoro. Diharapkan melalui program ini masyarakat desa melek teknologi informasi (TI).

“Kedepan kita juga akan melatih dan memberikan pendampingan kepada warga agar bisa memanfaatkannya dengan benar untuk memajukan ekonomi dan desanya,” tegas Pak Mul, sapaan akrabnya.

Selain itu, lanjut dia, warga nantinya juga dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Karena kedepan semua manajemen penyelenggaraan pemerintahan desa akan berbasis TI.

“Ini akan sangat membantu warga sendiri dan pemerintah desa. Warga akan lebih mudah berpartisipasi aktif, pemerintah semakin mudah memberikan pelayanan,” pungkas Cabup yang berpasangan dengan Kader NU, Mitroatin ini. (yud/red)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.