Tanam Ribuan Bibit, Negeri Atas Angin Diharapkan Menjadi Agrowisata Baru

oleh -
oleh
FOTO : Satya Widya Yudha dan LIPI menanam ribuan bibit buah di Negeri Atas Angin.

SUARABOJONEGORO.COM – Taman Negeri Atas Angin di kawasan Desa Ndeling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro yang mulai populer di masyarakat ini, diharapkan bisa dikembangkan menjadi wahana agrowisata baru di wilayah Jawa Timur. Sehingga, mampu meningkatkan perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Salah satu bentuk dukungan konkret dari pemerintah pusat melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah menyebarkan 3.000 buah bibit tanaman buah produktif di Taman Negeri Atas Angin. Program yang diinisasi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Satya Widya Yudha tersebut, merupakan jawaban atas permintaan masyarakat Kecamatan Sekar dalam mengembangkan kawasan hutan di Desa Ndeling sebagai wahana wisata alam baru yang bisa menjadi pilihan masyarakat.

“Saya berharap besar bahwa Taman Negeri Atas Angin di Desa Ndeling ini akan semakin berkembang dan populer, karena didukung faktor alam yang menjanjikan. Salah satunya bisa dikembangkan menjadi agrowisata baru di Jawa Timur,” beber Satya di depan ratusan warga di Saung Taman Negeri Atas Angin, Selasa (27/02/18).

Anggota DPR RI dari Dapil Jatim IX (Bojonegoro – Tuban) tersebut kembali mengingatkan bahwa kawasan wisatan alam di Ndeling tersebut harus mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Termasuk peningkatan fasilitas dan sarana infrastruktur di kawasan, sehingga bisa menarik investor untuk masuk.

“Saya cuma pesan, agar kawasan wisata alam ini tetap terjaga. Jika masyarakat dilibatkan langsung dalam pengelolaan, maka akan berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian daerah,” papar Satya.

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito menyebutkan, bahwa 3.000 bibit pohon buah yang dibagikan ke masyarakat terdiri dari 1.000 bibit pohon durian monthong, 1.000 bibit pohon kelengkeng dan 1.000 bibit pohon kelapa.

“Inilah nantinya yang akan menjadi kekuatan kawasan ini menjadi agrowisata karena mulai sekarang ditanami pohon buah unggulan dari LIPI. Kami bagikan gratis semua bibit pohon unggulan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Mego.

Sementara itu, Kepala Desa Ndeling Didik Prioman mengaku sangat bangga bisa memenuhi janjinya kepada warganya untuk bisa terlibat aktif dalam mengelola Taman Negeri Atas Angin yang digagasnya sejak 2015.

“Saya tak henti-hentinya berterima kasih kepada Pak Yudha dari DPR RI Fraksi Golkar dan LIPI yang sudah mewujudkan harapan warga di sini untuk bisa menanam rame-rame bibit buah unggulan. Kami akan jaga, sampai nanti kita sukses menjadikan kawasan ini menjadi agrowisata, supaya masyarakat juga merasakan dampak peningkatan ekonominya,” beber Didik bangga.

Sebelum acara ditutup, Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Widya Yudha, Deputi LIPI Mego Pinandito serta Kades Ndling Didik Prioman melakukan aksi tanam bibit pohon durian monthong disaksikan warga masyarakat di Bukit Cinta Taman Negeri Atas Angin. (yud/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.