Semarak Festival Gerabah Malo

oleh -
oleh
Reporter : Wahyudi

SuaraBojonegoro.com – Semarak festival gerabah Malo. Sejarah bagi warga Desa Rendeng, Kecamatan Malo menggelar festival gerabah, Rabu (21/08/18). Mempromosikan potensi yang menjadi warisan turun temurun sejak puluhan tahun itu.

Desa setempat, merupakan desa penghasil gerabah dan aneka celengan. Festival gerabah rendeng tahun ini, digelar berbagai semarak kegiatan.

Mujtaba, salah satu panitia mengatakan, festival ini, dalam rangka mengenalkan potensi Desa Rendeng sebagai desa wisata dan penghasil kerajinan gerabah di Kabupaten Bojonegoro.

“Nantinya akan ada kirab gerabah yang akan diikuti Bupati Bojonegoro dan tamu undangan,” katanya.

Selain kirab gerabah, dalam festival ini juga akan digelar pembuatan gerabah dengan teknim putar secara massal. Peserta pembuatan gerabah, kata Mujtaba, nantinya akan diikuti ratusan peserta.

Ia menambahkan, juga digelar lomba mewarnai yang diikuti puluhan siswa TK dan SD, pagelaran seni budaya, pameran gerabah, pameran UMKM dan IKM serta penandatangan prasasti gerabah yang akan dilakukan oleh Bupati Bojonegoro.

Animo masyarakat begitu antusias untuk menyaksikan dan mengikuti. Bahkan, ratusan siswa tampak antusias mengikuti lomba melukis dengan media layah atau cobek.

Usai lomba, prosesi arak-arakkan gerabah berbentuk guci dan si gogor yang menjadi maskot industri kreatif di Bojonegoro. Arak-arakkan dimulai dari sentra gerabah menuju balai desa.

Peserta lomba melukis, ada yang datang dari Kabupaten Lamongan, Blora, dan beberapa daerah disekitar wilayah Kabupaten Bojonegoro. (yud/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.