Peran Pers Sangatlah Penting dalam Pilkada

oleh -
oleh
Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com – Ketua Yayasan Suyitno, Arief Januarso, jagongan bareng bersama puluhan awak media elektronik dan cetak di Caffe Katiga Jalan Dr Cipto Bojonegoro, Minggu (18/02/18) siang tadi.

Acara digelar santai. Membahas peran media dalam mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 yang digelar serentak, khususnya pilbup Kabupaten Bojonegoro.

“Tanpa peran pers, elektabilitas paslon belum tentu bisa naik meskipun mereka mempunyai program serta visi dan misi yang hebat dan memperkenalkan diri lewat media sosial seperti facebook, twiter, ataupun WA,” katanya.

Selain pemberitaan untuk menaikkan popularitas paslon, maupun visi dan misi, peran Pers juga dapat mengawal jalanya kampanye dari masing-masing paslon.

Jika awak media menemukan suatu pelanggaran, kata arief, dan dalam hal ini KPU tidak menemukan. Maka, secara tidak langsung media telah ikut mengawal jalannya pemilu yang jujur dan adil.

“Salah satunya jika rekan media menemukan suatu pelanggaran, suatu misal money politik yang belum tentu KPU menemukan, dengan cara memberitakan, termasuk salah satu bentuk mengawal jalanya pemilihan secara jurdil”, ujarnya.

Senada dengan Pak Gendut, tokoh masyarakat setempat menyatakan, bahwa peran media sangat dibutuhkan masyarakat disetiap momen. Terlebih di Pemilukada 2018 ini.

“Bagaimanapun pers tidak bisa ditinggalkan dalam momen apaun, apalagi seperti momen pilihan bupati yang sebentar lagi akan berlangsung,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa diakui atau tidak, peran media sangatlah membantu para paslon, dan KPU, untuk memperkenalkan serta mensosialisasikan program-program serta visi dan misi yang ditawarkan kepada masyarakat.

“Diakui maupun tidak, pers sangatlah membantu para paslon dan KPU, karena masyarakat secara tidak langsung ataupun langsung, mengetahui kegiatan dan visi misi yang disampaikan para paslon tersebut,” pungkasnya. (bim/yud).

No More Posts Available.

No more pages to load.