Diharapkan Mereduksi Pemanasan Global

oleh -
oleh
Reporter: Wahyudi

suarabojonegoro.com – Kodam V Brawijaya monitoring program penghijauan jalan poros Nasional-Provonsi di Kabupaten Bojonegoro Selasa (13/2/2018). Program tersebut merupakan program Kodim 0813 Bojonegoro yang rampung beberapa waktu lalu.

Monitoring atau bisa disebut kunjungan itu, dilakukan Pabanda Bakti TNI Kodam V/Brawijaya, Mayor Inf Komang Dharma Laksamana ST beserta staf dan Staf Dishut Provinsi Jawa Timur di Kodim 0813 Bojonegoro. Tim evaluasi tersebut didampingi Bati Ster Kodim 0813 Bojonegoro, Pelda Suprat dan Babinsa Koramil 0813-11 Padangan.

Dalam kegiatannya, tim monitoring dan evaluasi program penghijauan ruas Jalan Nasional-Provinsi meninjau sasaran di wilayah Kecamatan Gayam dan Padangan. Tercatat ada sekitar kurang lebih 2640 batang pohon mahoni yang ditanam dalam program penyulaman tersebut.

Mayor Inf Komang mengungkapkan, program penghijauan dan juga penyulaman ini berjalan sesuai komando Kodam V Brawijaya. “Pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik di sepanjang jalan Nasional-Provinsi di kedua kecamatan tersebut, sangat membahagiakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mayor Inf Komang mengatakan, hasilnya tentu tidak bisa langsung dinikmati sebab membutuhkan proses waktu dan juga perawatan secara rutin dan berkesinambungan dari segenap pihak.

“Semoga kedepan pohon-pohon yang ditanam mampu memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi emisi gas karbondioksida, mereduksi pemanasan global dan juga menyediakan suplai Oksigen yang lebih baik, serta mampu meminimalisir bencana longsor ataupun menjadi daya respirasi air di musim penghujan,” pungkasnya.

Dampak pemanasan global merupakan ancaman bagi kehidupan. Karena itu, pihaknya mengajak bersama-sama berjuang untuk melakukan gerakan penghijauan.

“Dimulai diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Untuk kehidupan yang lebih baik bagi kita dan anak cucu kelak. Mari kita mulai dari sekarang menanam pohon,” pungkasnya. (yud/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.