Tampil Cantik Tidak Harus Mahal

oleh -
oleh
Oleh : Arifatul Musyahadah

suarabojonegoro.com –  Wajah merupakan bagian tubuh yang seriing terkena sinar matahari secara langsung dan polusi udara yang mengakibatkan wajah berminyak dan kusam. Perlu dilakukan perawatan wajah agar wajah kita tetap bersih dan sehat. Bagi sebagian orang perawatan wajah dipercayakan pada produk-produk kosmetik yang mahal.

Tetapi bagi anda yang tidak memiliki biaya untuk melakukan perawatan wajah  anda bisa melakukan perawatan wajah di rumah. Bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dalam rumah untuk perawatn wajah. Dengan memanfaatkan bahan alami yang memililiki banyak khasiat tersembunyi kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan pergi ke salon kecantikan.

Wajah tampak bersih sehat dan halus adalah idaman bagi semua wanita. Kita akan bisa merawat wajah dengan biaya yang lebih murah dan mudah. Adapun bahan-bahan yang bisa digunakan untuk perawatan wajah di rumah adalah sebagai berikut :

Masker Beras Tumbuk
Masker ini bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembut dan halus. Dengan cara mengusapkan beras tumbuk keseluruh permukaan wajah. Adapun cara pembuatan beras tumbuk, antara lain :
– Cuci beras sampai bersih, rendam agar lebih lunak.
– Kemudian tumbuk beras sampai beras halus.
– Simpan dalam kulkas untuk memberikan sensai dingin pada masker beras.
– Setelah ditumbuk, tambahkan air bersih dan aduk hingga merata.
– Oleskan pada permukaan wajah hingga merata.
– Tunggu sekitar 10-25 menit, dan terakhir bilas dengan air sampai bersih.

Masker dengan Putih Telur 
Telur bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, selain itu putih telur juga berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Adapun cara pembuatan masker dari putih telur adalah, sebagai berikut :
– Pilih telur yang masih bagus.
– Ambil putih telur, letakkan pada mangkok.
– Gosok-gosokkan bagian putih telur ke seluruh wajah.
– Tunggu beberapa menit hingga mengering.
– Kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Masker dengan Madu
Kandungan nutrisi, enzim dan vitamin pada madu murni dapat menutrisi kulit, mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Adapun cara pembuatan masker dengan madu adalah, sebagai berikut :
– Ambil madu secukupnya, usahakan madu yang murni.
– Letakkan pada mangkok atau tempat yang lain.
– Usapkan madu ke bagian wajah dan leher.
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
– Kemudian tunggu sampai bilasan kering.

Perawatan wajah yang sehat dan cantik sudah tidak perlu biaya mahal. Dengan bahan alami yang mudah kita dijumpai, anda bisa merawat wajah dengan tampak putih, bersih dan sehat. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan bahan alami yang ada di dalam rumah untuk merawat dan memanjakan kulit anda.

Oleh karena itu tampil cantik sekarang sudah bukan  lagi hal yang jadi penghalang karena biaya mahal. Hal ini terbukti dapat dilakukan dengan menggunakan semua bahan yang telah disediakan oleh alam, tentunya bahan yang sudah ada di dalam rumah yang berguna untuk mempercantik diri anda.

Tanpa menguras kantong dan pergi ke tempat kecantikan yang terbilang mahal, kita dapat mempercantik wajah kita di rumah setiap saat sambil duduk dan bersantai di rumah. (*)

*) Penulis adalah Mahasiswi Ilmu Keperawatan,  Jurusan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. 

No More Posts Available.

No more pages to load.