Transparasi Penggunaan DD/ADD Wujud Keberhasilan Pembangunan Desa

oleh -
oleh

Reporter : Yudianto

SuaraBojonegoro.com – Penggunaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (DD/ADD) dalam pelaksanaan program kegiatan Desa merupakan upaya peningkatan pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, sehingga pelaksanaan selalu di harapkan transparam dan tepat saaran sesuai peruntukkannya.

Mitro’atin, Wakil Ketua DPRD Bojonegoro menyampaikak bahwa dengan adanya DD dan ADD ini diharapkan masyarakat dapat menikmati hasil program pembangunan baik secara fisik maupun pembangunan secara ekonomi, karena masyarakat merupakan sasaran dari semua obyek pembangunan.

“Pembangunan di Desa adalah tolak ukur dari keberhasilan dadi program yang ada sehingga jika pelaksanaan pembangunan dilakukan sengan baik maka akan memiliki dampak yang baik untuk masyarakat,” Tutur Mitro’atin.

Keterbukaan dalam pelaksanaan program pembangunan merupakan modal utama kepercayaan masyarakat, serta pasti akan mewujudkan pembangunan menjadi baik sesuai program yang dipersiapkan terlebih dahulu
“Melibatkan semua elemen masyarakat dalam perencanaan, dan juga dalam pelaksanaan pembangunan ini bagian dari keterbukaan,” Tambah Perempuan yang juga Ketua Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) ini.

Keterbukaan harus di wujudkan dengan memberikan papan informasi dari setiap perencanaan dan pelaksanaan program di Desa yang sudah di lakukan, karena apa agar masyarakat mengetahui semua anggaran dan juga penggunaannya DD dan ADD, agar tidak terjadi kesalah pahaman di tingkat masyarakat.

Perempuan yang Juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro ini mengingatkan jangan sampai soal keterbukaan publik menjadikan persoalan di tingkat Masyarakat, karena masyarakat mulai kritis dan selalu ingin tahu, hal ini harus dijadikan patokan agar pemerintah Desa dalam setiap perencanaan untuk melibatkan masyarakat.

Memanfaatkan tenaga masyarakat dalam program padat karya juga harus dilakukan karena juga membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi mereka, “libatkan masyarakat untuk membantu perekonomiannya dalam pelaksanaan pembangunan,” Tegas Mitroatin.

Dengan ketransparana dalam penggunaan ADD dan DD juga akan menjaga kondusifitas di masyarakat Desa serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Desa dalam pelaksanaan pembangunan. (Yud/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.