2 Orang dinyatakan positif covid-19, Dari Hasil Swab Pedagang Lesehan dan Sayur Pasar Kota Bojonegoro

oleh -6.405 views

Reporter : Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com – Kabar terbaru dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, bahwa hasil Swab dari 41 orang pedagang pasar yang swabnya dikirim ke Laboratorium di Rumah Sakit Malang, hari ini turun dan dinyatakan sebanyak 2 orang Terpapar Positif Virus Corona (Covid 19). Rabu (13/5/2020).

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah kepada awak media bahwa diketahuinya adanya Positif terhadap dua orang pedagang lesehan dan sayur ini setelah sebanyak 75 pedagang rengkek, lesehan yang berjualan sayur dan ikan, dilakukan rapid Tes oleh Dinkes Bojonegoro, kemudian dilakukan Swab terhadap 41 orang pedagang lesehan dan rengkek kemudian hasilnya 2 orang positif Terpapar Virus Corona.

“Dari Cluster Rapid Test terhadap 75 pedagang Lesehan dan rengkek pasar Kota Bojonegoro yang sebelumnya dinyatakan Reaktif, dari 41 yang swabnya dikirim ke Laboratorium, dan 2 orang dinyatakan Positif,” Terang Bupati Anna Muawanah.

Kemudian terhadap dua orang ini, akan dilakuakan Pengobatan dan juga dibawa Ke RSUD Sosrodoro Djatikusumo, Bojonegoro untuk dilakukan isolasi dan penanganan medis. Sementara direncanakan 35 swab pedagang pasar yang dikirim ke laboratorium akan turun hari ini.

“Untuk 35 hasil swab akan turun hari ini,” Tegas Bupati Bojonegoro.

Sebelumnya, sebanyak 86  Pedagang Rengkek dan lesehan yang berjualan sayur dan ikan dinyatakan Reaktif Rapid Tes, 75 pedagang berasal dari Bojonegoro, dan kemudian hasil reaktif Rapid Tes oleh Dinkes dilakukan swab.

Bupati Anna mengingatkan dan menghmbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan jangan anik, tetap meningkatkan kesadaraan dan kewaspadaan bahaya sebaran virus Corona, serta melakuakan Protokol Kesehatan Covid 19.

“Kami himbau agar masyarakat selalu melakukan protokol Kesehatan covid 19 anjuran pemerintah, yaitu Cuci tangan dengan sabun, jaga kebersihan diri dan lingkungan, Phisical Distancing, dan menggunakan Masker jika keluar rumah dan beraktivitas,” Tambah Bupati. (Sas*)